Festival Lakey 2011

Festival Lakey merupakan salah satu agenda tahunan yang dilakukan oleh Dompu. Dompu adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya di bagian tengah Pulau Sumbawa. Misi festival ini adalah mempromosikan industri pariwisata dan kebudayaan daerah Dompu khususnya, dan Indonesia umumnya.

Festival ini rencananya diadakan mulai 14-17 Juli 2011. Acara pembukaannya sendiri akan dihadiri 3 raja dari Kesultanan Sumbawa di Pulau Sumbawa, Kesultanan Bima, dan Kesultanan Gowa di Sulawesi.

Festival Lakey akan diadakan di Pantai Lakey, Kecamatan Hu'u, Dompu, NTB. Event utama dari festival ini adalah kejuaraan surfing internasional yang diikuti oleh surfer-surfer luar dan dalam negeri. Selain itu, akan digelar lomba lari 10K yang juga berskala internasional. Tidak selesai sampai di situ, masih banyak lagi sederetan acara yang mengisi 4 hari festival ini, seperti lomba lagu pop Sasambo (Sasak-Samawa-Mbojo), pacuan kuda pantai, voli pantai, lomba kuda hias, lomba layangan tradisional, lomba kareku kandei (memukul lesung khas masyarakat Bima), sampai bazar.

Festival Lakey merupakan salah satu dari beberapa festival lain, seperti Festival Kuda Bima dan Lombok Begandang Mataram. Semua ini sejalan dengan kampanye Visit Lombok Sumbawa 2012 yang sedang gencar disebarkan pemerintah setempat. Menarik, menyadarkan kita bahwa Indonesia lebih kaya dari yang kita bayangkan. Nikmatilah kalau mampu dan mau.

-

Arsip Blog

Recent Posts