Festival Lakey Akan Dihadiri 3 Raja

Dompu - Dipastikan tiga raja dari Kesultanan Sumbawa di Pulau Sumbawa, Kesultanan Bima, dan Kesultanan Gowa di Sulawesi akan menghadiri pembukaan Festival Lakey, di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, pekan depan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu Sayuti Melik, di Dompu, Rabu (6/7/2011), mengatakan, selain akan dihadiri oleh tiga raja dari Pulau Sumbawa dan Gowa, Festival Lakey tahun ini akan dihadiri Pimpinan Taman Mini Indonesia Indah dan Ketua Forum Raja-raja Nusantara.

"Undangan sudah kami kirim, dan tiga raja itu bersedia datang dalam acara pawai budaya dan pembukaan Festival Lakey," katanya.

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Festival lakey tahun ini. Selain mempromosikan potensi industri pariwisata di daerah ini, seperti Pantai Lakey, Pulau Satonda, dan Gunung Tambora, juga dijadikan ajang untuk mengangkat kembali kearifan budaya lokal.

"Ini bukan untuk membangkitkan kejayaan masa lalu, melainkan untuk mengingatkan kita akan kebudayaan lokal Dompu di mata luar. Tradisi ini menunjukkan bahwa Dompu memang daerah yang ramah dan penuh persahabatan," jelasnya.

Ia mengatakan, modal untuk pelaksanaan Festival Lakey berdasarkan kenekatan saja. Tak sepeser pun dianggarkan dalam APBD 2011 dan Pemkab Dompu hanya mengandalkan bantuan pihak ketiga yang tidak mengikat dan anggaran dari pemerintah provinsi.

Festival Lakey merupakan agenda tahunan untuk mempromosikan industri pariwisata dan kebudayaan di mata luar. Tahun ini, ajang bergengsi itu akan digelar pada 14-17 Juli 2011. Beberapa perlombaan, seperti Selancar Air, Pacuan Kuda Pantai, Bola Pantai, dan Sepak Bola Mini, digelar untuk menyemarakkan Festival Lakey.

-

Arsip Blog

Recent Posts