Kekayaan Budaya Jadi Modal Industri Kreatif

Jakarta - Kekayaan budaya Indonesia yang begitu beragam, harus menjadi modal bagi pengembangan industry kreatif. Tentunya itu perlu dibarengi perpaduan dengan teknologi, sehingga bersaing dengan era digital sehingga menjadi produk unggulan.

“Bangsa Indonesia kaya dengan budaya dan tradisi, dapat menjadi sumber kreatifitas. Kekayaan tradisional Tanah Air kita yang sangat beragam dan bervariasi di setiap daerah adalah sumber inspirasi tersebut,” ujar Wakil Presiden Boediono saat memberikan sambutan dalam pembukaaan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI), di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (6/7).

Namun, Boediono menambahkan, potensi budaya tersebut akan menjadi produk industri kreatif unggul jika dipadukan dengan teknologi. “Perpaduan antara budaya dan teknologi adalah lahan subur bagi berkembangnya industri kreatif,” ungkapnya.

Menurutnya, kunci utama kemajuan industri kreatif Indonesia adalah memanfaatkan dan mengembangkan potensi sumber daya budaya tersebut semaksimal mungkin.

“Saya percaya sumber daya yang kita miliki, dan juga kepada generasi muda kita. Saya yakin mereka memiliki ide-ide segar. Namun, ide hanya tinggal ide jika tidak diikuti dengan ketekunan untuk mengembangkan jadi produk kreatif yang dapat dipasarkan,” tegas Boediono.

-

Arsip Blog

Recent Posts