Krida Budaya UI Tampil Memukau Penonton di Vizcaya Spanyol

London, Inggris - Krida Budaya Universitas Indonesia berhasil memukau penonton yang memadati Avenida de Carlos VII, Portugalete - Vizcaya, Spanyol dalam acara malam gala pertunjukan Festival Internacional de Folklore de Portugalete.

Sekretaris Tiga KBRI Madrid, Krisnawati Desi Purnawestri kepada koresponden Antara London, Rabu mengatakan kota Portugalete yang berpenduduk 40.000 jiwa pada hari itu terkonsentrasi di sepanjang jalan (Avenida) Carlos VII, yang dipasang enam panggung menampilkan pertunjukan budaya dari delapan grup secara simultan.

Dikatakannya Festival Internacional de Folklore de Portugalete yang digelar sejak 17 Juli lalu dan berlangsung hingga 31 Juli mendatang , selain Indonesia, turut berpatisipasi dalam festival tersebut grup-grup kesenian dari Kolombia, Maroko, Mesir, Rusia, Serbia, dan Togo, serta grup tuan rumah dari Provinsi Euskadi Spanyol.

Kelompok tari Krida Budaya UI yang terdiri dari 27 penari dan pemusik yang merupakan mahasiswa tingkat tiga di universita ternama itu dengan kostum didominasi warna biru dan merah, menampilkan tari Indang dari Sumatera Barat yang sangat energik, menampilkan gerakan-gerakan terinspirasi pencak silat yang indah dan atraktif yang mengundang tepuk tangan meriah dari para penonton.

Selama di Spanyol, Krida Budaya UI mempersembahkan tari-tarian Nusantara dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat, Betawi, Bali, Maluku, hingga Papua, sehingga masyarakat kota Portugalete dan sekitarnya dapat menikmati keragaman budaya Indonesia dalam kesempatan tersebut.

Selain ikut memeriahkan festival di Portugalete, tim kesenian Krida Budaya UI juga tampil di kota-kota lain seperti Santurtzi, Elgoibar, Durango, dan Gue'ez. Mereka juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan kota Portugalete dan provinsi Vizcaya, diantaranya penanaman pohon persahabatan serta menghadiri undangan jamuan dari walikota Portugalete dan Gubernur Vizcaya.

Selepas mengikuti rangkaian kegiatan festival di Portugalete, tim kesenian Krida Budaya UI akan melanjutkan kegiatan promosi budaya Indonesia dalam festival-festival di Toulouse - Perancis, dan Swiss.

-

Arsip Blog

Recent Posts