Malaysia Rusuh, Ribuan Demonstran Ditangkap

Kuala Lumpur - Polisi Malaysia mengatakan Minggu (10/7/2011), mereka telah menangkap 1.667 orang dalam upaya menghalau dan membersihkan pengunjuk rasa yang terorganisir dalam Koalisi Bersih.

Para pengunjuk rasa yang ditangkap, termasuk beberapa pejabat senior oposisi yang tergabung dalam Koalisi Bersih. Namun para pengunjuk rasa kemudian dibebaskan setelah ditahan beberapa jam.

Sementara itu diberitakan sedikitnya 1.600 orang ditangkap menyusul gelombang aksi unjuk rasa puluhan ribu anggota partai oposisi Malaysia di Kuala Lumpur, Sabtu (09/07/2011), yang menuntut reformasi dalam pelaksanaan pemilihan umum.

Aksi ini merupakan puncak tekanan politik terhadap partai berkuasa Malaysia pimpinan Perdana Menteri (PM) Najib Razak beberapa pekan terakhir dan merupakan aksi unjuk rasa terbesar yang pernah terjadi di negeri jiran dalam beberapa tahun terakhir.

Polisi menembakkan gas air mata guna menghalau para pengunjuk rasa. Pemimpin oposisi Anwar Ibrahim mengatakan dalam jejaring sosial Twitter, dirinya mengalami cedera ringan saat kelompoknya ditembaki aparat dengan gas air mata. Ia terjatuh di tangga.

Diperkirakan lebih dari 50.000 turun ke jalan meskipun sudah diperingatkan oleh pemerintah, bahwa aksi unjuk rasa di jalanan adalah ilegal.(kompas.com)

-

Arsip Blog

Recent Posts