Sail Indonesia 2011 Diresmikan di Darwin

Jakarta - Lomba Yacht Sail Indonesia 2011 diresmikan di Cullen Bay Estate, Darwin, Northern Territory, Australia, Sabtu (23/7).

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 111 peserta dari 18 negara," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Gellwyn Jusuf sesaat setelah melakukan peresmian acara Lomba Yacht dalam Sail Indonesia 2011 yang digelar di atas geladak kapal "Spirit of Darwin" di kawasanCullen Bay Estate, Darwin.

Gelontoran pundi-pundi dolar diharapkan berdatangan dari 111 peserta lomba Yacht Rally. Mereka berasal dari belasan negara asing, antara lain Australia, Selandia Baru, Kanada, Belanda, Jerman. Mereka mengendarai Yacht untuk mengarungi laut Indonesia guna mengunjungi 21 kabupaten mulai dari Kupang atau Saumlaki dan keluar di Belitung atau Batam.

"Jumlah peserta meningkat dibandingkan tahun lalu. Tahun 2010, lomba yacht ini diikuti 107 peserta," kata Gellwyn.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan kebaharian ini, meningkatkan pendapatan ekonomi sejumlah daerah yang disambangi para peserta Lomba Yacht.

Dengan menyinggahi sejumlah pemda di belasan kawasan Indonesia, para peserta diharapkan dapat membelanjakan uangnya di sejumlah daerah. Mereka dapat menikmati gelaran-gelaran kesenian, membeli bahan makanan dan minuman setempat, mengisi bahan bakar.

"Pemda yang peserta datangi hendaknya terus membenahi diri dengan menyiapkan segala fasilitas infrastruktur," katanya menegaskan.

Peserta lomba Yacht akan terbagi dalam dua tim. Ke arah timur, para peserta akan tiba di Saumlaki pada 26-30 Juli 2011, kemudian mereka menuju Ambon, Buru, Wakatobi, Bau-bau dan Makassar. Sedangkan ke arah barat, tim akan tiba di Kupang pada 27-31 Juli 2011. Mereka akan melanjutkan perjalanan ke Alor, Lembata, Ende dan Alung, Nusa Tenggara Timur.

Kedua tim akan bersua kembali di Labuan Bajo pada 31 Agustus sampai 31 September untuk bersama-sama melanjutkan perjalanan ke Lombok Utara, Bali, Karimun Jawa, Kumai dan Belitung pada 5-12 Oktober 2011 sebelum berakhir di Singapura.

-

Arsip Blog

Recent Posts