Yoseph Ibrahim, Duplikat Tom Jones Asal Bandung

Bandung - Penyanyi solo asal Inggris, Tom Jones, memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Di Indonesia malah memiliki wadah pengidola musisi legendaris tersebut. Bahkan, duplikat Tom Jones lahir dari Kota Bandung.

Pria itu bernama lengkap Yosep Ibrahim (57). "Banyak orang yang bilang kalau karakter vokal saya mirip Tom Jones," ujar Yoseph saat jumpa pers 'Atribute to Tom Jones' di Imperium International Hotel, Jalan Dr Rum, Kota Bandung, Selasa 28 Juni lalu.

Saking gaya dan karakternya mirip Tom Jones, bapak empat anak ini memperoleh julukan Yoseph Jones. "Sebutan itu sudah jadi trademark, tapi bukan kemauan saya. Brand image ini dilekatkan dari para sahabat dan penggemar Tom Jones di Indonesia," ucap Yoseph merendah.

Pemilik jenis suara tenor ini girang saja menyemat nama 'Jones' di belakang nama aslinya. Di usianya yang mulai sepuh, Yoseph kian cinta menggandrungi karya-karya musik serta lagu Tom Jones.

Pria kelahiran Bandung pada Agustus 1954 ini berkisah sejak usia belia sudah gemar bernyanyi. Menapaki remaja, ia serius menekuni aktivitas tarik suara. Olah vokal terus diasah hingga menjumpai karakter yang pas.

Yoseph waktu itu pernah mendengarkan lagu-lagu Tom Jones. Di era 70-an, Tom Jones salah satu penyanyi asing yang digemari. Meski memang hingga kini, Tom Jones masih terdengar asing dibanding penyanyi sekaliber Elvis Presley, John Lennon, dan Mick Jagger.

Kala darah muda megalir, Yoseph kian rajin berlatih membawakan lagu-lagu Tom Jones. Ia sadar suaranya klop dengan karakter dimiliki penyanyi legendaris tersebut.

"Tom Jones itu memang melow, tapi suaranya lelaki banget. Saya suka. Akhirnya hingga sekarang, saya merasa karakter suara ini cocok dengan Tom Jones," ungkap Yoseph.

Sang duplikat Tom Jones tersebut pada 8 Juli 2011 nanti siap memamerkan kepiawaiannya dalam pentas musik bertajuk 'A Tribute To Tom Jones'. Acara besutan Tom Jones Community Indonesia (TJCI) West Java ini berlangsung di The Club Imperium International Hotel, Jalan Dr Rum No 30-32, Kota Bandung.

"Persiapan pribadi untuk acara nanti yaitu terus serius latihan. Tentu juga menjaga kondisi kesehatan dan vokal agar tampil maksimal," tuturnya.

Rencananya Yoseph beraksi dua jam di atas panggung melantunkan deretan 20 lagu beken milik Tom Jones. Lagu lawas yang disiapkan itu antara lain Delilah, I'll Never Fall In Love Again, Green Green Grass of Home, dan Help Yourself.

Yoseph tidak manggung sendirian. Pria ini akan diiringi para personel Bee Eldi Band selama pertunjukan berlangsung. "Band pengiring ini masih muda-muda. Saya salut, personelnya begitu cepat mengusai materi lagu karya Tom Jones," papar Ketua Umum TJCI West Java ini.

Penggemar Tom Jones tentu berharap kerinduan masa lampau di era 70-an bisa kembali menyentuh memori hati. Tembang berbalut pop itu terasa rugi bila dilewatkan telinga penikmat musik oldies. (bbn/ern)

-

Arsip Blog

Recent Posts