Avip Priatna Gelar Simfoni untuk Bangsa 2011

Jakarta - Konduktor muda berbakat Indonesia Avip Priatna bakal menggelar konser Simfoni untuk Bangsa 2011 untuk merayakan HUT ke-66 Kemerdekaan RI. Seperti biasa, Avip bakal menampilkan ensembel vokal Batavia Madrigal Singers (BMS) dan diiringi Jakarta Concert Orchestra (JCO).

Konser ini akan digelar oleh The Resonanz Music Studio, di Aula Simfonia Jakarta, pada Selasa (16/8/2011) mulai pukul 19.30 WIB.

"Pertunjukan ini adalah perwujudan dalam mengenang kembali jasa para pahlawan dalam memperoleh kemerdekaan, serta bagaimana usaha kita dalam mengisi kemerdekaan tersebut dengan mengajak para pecinta musik Indonesia untuk menikmati karya komposer dunia seperti Gioachino Rossini, serta mengapresiasi karya komposer besar Indonesia, seperti Ismail Marzuki, Binsar Sitompul, Guruh Soekarno Putra, dan lain-lain," jelas Avip dalam siaran persnya.

Avip menjelaskan, dengan menyadari keluhuran budaya dan menghargai keberagaman, lagu-lagu dari berbagai daerah di Indonesia akan ditampilkan dengan kemasan menarik, khas Indonesia, oleh Batavia Madrigal Singers.

Penampilan paduan suara yang pernah memperoleh berbagai penghargaan dari berbagai festival dan kompetisi paduan suara internasional ini akan didukung oleh penampilan Aning Katamsi (soprano), Farman Purnama (tenor), dan Cecilia Ratna (piano).

Konser yang sarat dengan nasionalisme Indonesia ini juga dicerminkan dengan memberi kesempatan bagi musisi muda Indonesia untuk berkarya dan mengangkat tema ke-Indonesia-an. Kecintaan terhadap Tanah Air akan tersaji melalui penampilan karya Guruh Sukarno Putra seperti "Simfoni Raya" dan "Untukmu Indonesiaku". "Karya dengan semangat ke-Indonesia-an dan berakar pada budaya Indonesia ini terbukti sangat memukau, berpotensi ditampilkan di ajang musik internasional, dan kembali mengangkat harumnya nama bangsa di mata dunia," kata Avip.

Selain itu, mencintai Indonesia tidak bisa mengesampingkan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. The Resonanz Children Choir, paduan suara anak-anak dari sekolah musik The Resonanz Music Studio, juga akan menunjukkan kecintaan mereka terhadap negeri ini dan melestarikan nilai-nilai ke-Indonesia-an. Karya Ibu Sud dengan tema budi pekerti dan cinta lingkungan akan dibawakan dalam konser ini.

Semangat dan kecintaan inilah yang menjadi tema pertunjukan yang dipersembahkan oleh Jakarta Concert Orchestra, pimpinan Avip Priatna, konduktor muda Indonesia, yang telah memperoleh beragam penghargaan internasional dalam bidang musik justru dengan berpegang teguh pada akar budaya Indonesia. Saat ini Avip bekerja sebagai konduktor dan direktur musik Batavia Madrigal Singers (BMS) dan Jakarta Concert Orchestra (JCO), yang ia dirikan bersama Toeti Heraty Roosseno pada 2002.

Avip sering diundang sebagai juri kompetisi paduan suara baik nasional maupun internasional. Baru-baru ini, BMS menyabet lima dari 11 penghargaan di Torrevieja 57 Certamen Internacional De Habaneras y Polifonia, di Spanyol. Lima penghargaan itu termasuk tropi Juan Aparicio untuk juara pertama untuk BMS dan gelar konduktor terbaik untuk Avip Priatna.

Kompetisi yang berlangsung pada 23-30 Juli 2011 itu diikuti oleh 17 paduan suara dari 14 negara, yaitu Kenya, Spanyol, Austria, Latvia, Venezuela, Equador, China, Serbia, Polandia, Italia, Kolombia, Bulgaria, dan Indonesia.

Seperti diketahui, Avip Priatna belajar choir conducting dari Prof Gunther Theuring dan orchestral conducting dari dirigen terkenal Leopold Hager. Ia kemudian menyelesaikan Magister Artium dengan beasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan pada 1998.

-

Arsip Blog

Recent Posts