Batik Sembilan Seniman Se-ASEAN Dipamerkan

Bandung, Jabar - Sedikitnya 40 batik karya sembilan seniman dari sembilan negara anggota ASEAN akan dipamerkan pada 8 Agustus 2011 di Jakarta dan Bandung.

Mulai 8 Agustus 2011 nanti, semua karya tersebut akan dipamerkan di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, kata Kepala Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) Isman Pasha di Bandung, Jumat.

"Di Bandung, karya batik tersebut akan dipamerkan di Museum Konferensi Asia-Afrika," kata Isman Pasha.

Menurut Isman, karya batik tersebut akan dipamerkan di Museum KAA pada 22 Agustus-24 September 2011.

"Ada kemungkinan akan dipercepat. Namun, pastinya pada 22 Agustus, pameran sudah dibuka untuk publik," kata Isman.

Sembilan seniman dari sembilan negara anggota ASEAN itu sudah mengikuti program pelatihan pembuatan karya batik di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejak 4 Juni 2011.

Selama kurang lebih dua bulan tersebut, mereka dilatih tentang tahapan-tahapan pembuatan batik. Mulai dari perencanaan hingga tahap "finishing". Rencananya pelatihan tersebut akan berakhir besok (6/8).

"Sekarang sembilan peserta tersebut sedang menyelesaikan karya akhirnya. Kemungkinan besok karya batik mereka akan dikirim ke Jakarta," lanjutnya.

Kesembilan seniman merupakan para peraih Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

Isman juga menambahkan, setiap peserta kurang lebih harus membuat 4-5 karya. Nanti juga akan dipamerkan foto-foto proses ketika peserta tersebut membuat batik, kata Isman.

Pameran batik yang masih merupakan rangkaian "Indonesia Channel 2011" ini merupakan lanjutan dari kegiatan pagelaran seni dan budaya yang diikuti oleh peraih Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI).

Pelaksanaan pameran batik "Indonesia Channel 2011" juga didukung oleh Yayasan Batik Indonesia.

"Sebagai pendukung, akan dipamerkan pula batik-batik karya pebatik maestro Indonesia," demikian Isman.

-

Arsip Blog

Recent Posts