Harumkan Tari Zapin Melayu

Medan, Sumut - Tarian tradisioanl, khususnya Zapin Melayu menjadi pilihan Shia (15) dan Maydina Lubis (14). Menurut mereka, Indonesia kaya akan seni tari yang tak habis-habisnya untuk digali. “Belajar tari Zapin misalnya, butuh proses panjang sampai kita benar-benar sempurna. Indonesia punya banyak pilihan tari yang bisa menambah wawasan kita,”ujar Maydina. Bergabung dengan sanggar tari Nusa Indah Entertainment, Shia dan Maydina, seperti merasa berada di tengah-tengah keluarga kala menikmati serunya berkumpul dan berlatih tari.

Shia tak bisa menutupi kekecewaannya saat berbicara tentang tarian Melayu di daerah ini yang seolah-olah menjadi penting saat berurusan dengan acara seremoni. Selebihnya, menurut Shia tarian Melayu seperti tak mendapat tempat di daerah asalnya. “Padahal tari Melayu itu dikenal sebagai tarian yang punya kesulitan tinggi, maka bagi orang luar negeri, mereka sangat menghargai tari Melayu,”katanya.

Setelah berhasil memboyong Juara III tari tradisional se-Sumut 2011, dan juara II Festival Budaya Melayu 2011, Shia dan Maydina bersiap menaklukan Festival Serampang Dua Belas di Bandung mendatang.

-

Arsip Blog

Recent Posts