Indonesia Channel 2011, Tampilkan Seniman Batik

Jakarta - Dalam rangka menyambut perayaan ASEAN Day ke-44, Kementrian Luar Negeri RI menyelenggarakan pergelaran seni dan budaya 'Indonesia Channel 2011' dengan mengusung tema 'Indonesian Arts and Culture For Peace, Solidarity and Friendship'.

"Keragaman budaya dari negara-negara anggota ASEAN inilah yang mendorong diadakannya pameran ini," kata Menteri Luar negeri RI, Marty Natalewaga, pada acara pembukaan Pameran Batik Indonesia Channel 2011 di Gedung Sekretariat ASEAN, Senin (8/8).

Menurut Marty, pameran ini diadakan bukan hanya sekadar menginformasikan seni batik nusantara. namun yang terpenting adalah terjalinnya kerjasama yang lebih baik lagi antara negara-negara anggota ASEAN,

Sementara itu, Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Kusuma Habir menjelaskan, pameran ini merupakan rangkaian acara puncak Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) 2011 yang akan berlangsung mulai 8 Agustus – 16 September 2011.

Batik yang ditampilkan adalah hasil karya peserta BSBI 2011 yang berasal dari negara-negara ASEAN.

Acara pameran batik ini akan menampilkan sembilan seniman muda yang berasal dari negara-negara ASEAN. Sembilan seniman inilah yang mendapatkan beasiswa dari pihak Kemlu RI.

"Kesembilan seniman tersebut dipilih oleh perwakilan Indonesia yang ada di negara-negara anggota ASEAN dengan berbagai syarat diantaranya sudah sampai sejauhmana mereka mengenal budaya Indonesia," tambahnya.

Menurut Kusuma Habir, ini merupakan bentuk promosi yang dilakukan Kemlu untuk bantik yang bertujuan agar para masyarakat anggota ASEAN dapat mengenal budaya Indonesia dan selain itu program ini juga ditujukan untuk pencapaian komunitas ASEAN 2015," ungkap Kusuma Habir.

-

Arsip Blog

Recent Posts