Inilah Acara di Sail Wakatobi-Belitong

Jakarta - Dalam rangka memeriahkan Sail Wakatobi Belitong (SWB), berbagai acara sudah digelar di kota Wangi-Wangi, Sulawesi Tenggara, sejak 16 Juli 2011. Begitu pula dengan Belitung yang me-launching acara tersebut di Pantai Tanjung Pandan, Sabtu (30/7/2011). Tentu beragam kegiatan menarik juga dilaksanakan untuk menambah semaraknya kegiatan yang bertema "Clean Ocean for the Future" ini.

Selaras dengan tema tersebut, terdapat lima kegiatan utama yang diselenggarakan, yakni Operasi Bahari Surya Baskara Jaya dan International Civic yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau, khususnya yang berkaitan dengan bidang kesehatan.

Kemudian acara Yacht Rally and Race yang diikuti oleh 40 negara dengan mengarungi 21 perairan kabupaten di Indonesia mulai dari Kupang hingga Belitung pada bulan Oktober. Pada saat yang sama juga terlaksana kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari. Lalu Seminar nasional dan internasional pada bulan September dan pameran UKM produk perikanan dan kelautan.

Ditambah lagi dengan beragam kegiatan pendukung lainnya, seperti upacara pernikahan bawah laut secara massal, lomba catur dalam laut, gerakan tanam rumput laut, festival film lingkungan internasional, lomba foto dalam air, dan berbagai kegiatan lain di Wakatobi-Belitung yang bersifat konstruktif.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menyinergikan berbagai kawasan yang ada, terutama di daerah pulau-pulau terpencil dan kawasan kepulauan dalam rangka mempercepat pembangunan dan kesejahteraan rakyat," ungkap Deputi V Menko Kesra, Sugi Hartanto.

Adapun untuk acara puncak akan dilaksanakan pada 5-12 Oktober 2011 di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung. Sementara di Wakatobi berlangsung di Kota Kendari pada 23-29 Agustus. Kedua acara ini juga akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mengenai sarana-prasarana dan infrastruktur serta fasilitas layanan publik di Wakatobi dan Belitung akan terus ditingkatkan. "Apabila daerah berbenah, provinsi mendukung, dan negara juga mendukung. Hal ini tentu akan membantu berbagai hambatan tentu akan terselesaikan," ucap Bupati Wakatobi, Hugua.

Dari tiga dimensi kegiatan yang ada, yaitu olahraga, seni-budaya, dan bakti sosial, ini diharapkan dapat meningkatkan potensi destinasi pariwisata di Wakatobi dan Belitung. "Mudah-mudahan program acara ini bisa berjalan secara optimal untuk mendorong semakin banyaknya wisatawan yang hadir," tutur Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KA Tajudin.

-

Arsip Blog

Recent Posts