Pantai Santolo, "Perawan nan Eksotis"

Garut - Pagi itu, matahari belum lagi bercahaya penuh. Sinarnya masih malu-malu menyembul dari balik cakrawala Pantai Santolo, diiringi suara ombak yang terdengar tak sekeras malam sebelumnya.

Pantai cantik ini berjarak 150 kilometer dari Kota Bandung, atau 80 kilometer dari kota Garut, Jawa Barat. Namanya tentu tidak semasyur Pantai Kuta di Bali, tetapi keheningan dan panorama di pantai ini tentu merupakan kelebihan yang tersendiri.

Bahkan, jika dibandingkan dengan Pantai Pangandaran di Ciamis atau Pelabuhan Ratu di Banten, Pantai Santolo terbilang lengang. Selain Pantai Santolo, terdapat pula Pantai Sayang Heulang yang juga tak kalah indahnya di Garut.

Wakil Bupati Garut Diky Chandra menggambarkan Pantai Santolo sebagai pantai perawan nan eksotis. "Bisa kita lihat dari keindahannya dan kealamiannya, masih murni belum terjamah oleh siapa pun. Seandainya ada investor yang menanamkan modalnya di sini dan berinvestasi, Pantai Santolo ini akan sama bagusnya seperti Pantai Sanur atau Kuta di Bali," tuturnya, Rabu (27/7/2011).

Belum banyak pencinta pariwisata yang mengenal Pantai Santolo. "Mungkin karena letaknya yang jauh dan perjalanan yang berkelok-kelok, banyak orang enggan datang ke sini. Saya sangat optimistis suatu saat Pantai Santolo ini akan menjadi tujuan wisata baik Jawa Barat maupun nasional dan internasional," kata Diky.

Di Pantai Santolo pun terdapat sebuah tempat peluncuran roket yang merupakan bagian dari institusi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Selain itu, tempat pelelangan ikan lengkap dengan restoran hasil laut bertebaran di sepanjang jalan menuju Pantai Santolo.

Salah seorang wisatawan domestik, Dini (27), mengatakan, "Baru pertama kali saya melihat pantai yang indah, tetapi tidak terlalu ramai. Sayang kalau hanya dibiarkan saja, kalau dikelola dengan baik, lumayan juga akan nambah penghasilan daerah," kata Dini.

-

Arsip Blog

Recent Posts