Seniman Kota Batu Gelar Festival Putri Bulan

Surabaya, Jatim - Kelompok seniman Kota Batu, Jawa Timur, akan menggelar Festival Putri Bulan selama sehari pada Minggu 14 Agustus 2011.

Humas kegiatan itu, Henri Nurcahyo, di Surabaya, Jumat, mengatakan, festival di halaman "Putri Bulan Cottage", Jalan Bukit Berbunga tersebut, akan menampilkan suasana kampung seni sejak pagi hingga sore hari.

"Berbagai aktivitas kesenian digelar secara santai, juga ada perbincangan santai antarkomunitas," kata dia seraya menjelaskan bahwa acara itu digelar oleh Komunitas Putri Bulan Kota Batu.

Ia menjelaskan bahwa festival itu berniat untuk mempertemukan pelaku pariwisata dengan pelaku kesenian dalam bentuk pameran, pergelaran, demo kesenian dan kerajinan serta aktivitas lainnya.

"Pertemuan itu dilangsungkan dalam suasana informal, santai, mengalir, dan tidak gegap gempita. Pengunjung terbuka bagi siapa saja, seperti kalangan pengusaha, birokrat, ibu-ibu, pelajar, pendidik, seniman dan sebagainya, gratis," ujar lelaki yang dikenal sebagai pengamat seni rupa tersebut.

Henri menjelaskan, acara yang disiapkan dalam festival itu berupa demo melukis, mengukir, membatik, membuat keramik, kerajinan dan lain-lain.

Selain itu ada juga pergelaran musik akustik, tari, baca puisi, pameran senirupa (lukis, patung, keramik, fotografi), lomba mewarnai dan lomba melukis untuk anak-anak.

"Lomba inipun lebih bersifat fun karena tidak berorientasi hadiah. Biaya pendaftarannya pun hanya Rp5.000. Peserta boleh datang kapan saja (asal pada hari itu), tanpa batas waktu, dan menyerahkan karya berapa saja," katanya.

Menurut dia, acara tersebut akan digelar sebulan sekali manakala mendapat respons bagus dari semua kalangan.

"Meski festival hanya berlangsung sehari, karya-karya seni rupa tetap dipajang di galeri permanen di lokasi itu," kata Henri.

-

Arsip Blog

Recent Posts