Tradisi Kaum Hawa Serang Sebelum Puasa

Serang, Banten - Ada tradisi unik yang hingga kini masih dilakukan kaum wanita di Serang sebelum melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Ibu-ibu Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten menggelar acara kegiatan tukar panganan untuk merayakan hari makan terakhir sebelum berpuasa. Acara ini sudah menjadi tradisi setiap tahun menjelang salat tarawih malam pertama pada bulan Ramadhan.

Rodliyah warga Harjatani mengatakan, setiap warga tidak diwajibkan harus ikut kegiatan ini, apalagi kegiatan semacam ini hanya untuk meramaikan datangnya bulan suci Ramadhan.

Namun, biasanya para ibu juga malu jika tidak ikut. Selain kegiatan tukar makanan juga sebagai ajang saling silahturahmi dan saling maaf memaafkan sebagai tetangga.

“Ini sebagai tradisi kami, yang telah ada sejak jaman dulu. Tidak tahu awalnya bagaimana, yang penting bisa senang ketemu lagi dengan bulan Ramadhan,” ujar Rodliyah.

Rodliyah menjelaskan, hal ini biasa dilakukan oleh orang tua dulu yang biasa disebut 'Kondangan' yaitu melakukan tukar makanan kepada para tetangga. Kalau dulu tempatnya pakai bambu yang ditata menjadi lapak (encek-Jawa), namun sekarang sudah tidak ada dan sebagai gantinya memakai tapak yang terbuat dari plastik.

Begitu juga yang dikatakan oleh Sumiyati, bila tidak ikut kumpulan dan bertukar makanan, pihaknya merasa ada yang kurang dalam menjalankan ibadah puasa besok. Ini hanya sebagai sarat untuk mengawali puasa serta belajar iklas kepada orang lain.

Biar lebih berwarna, tambah Sumiyati, ibu-ibu yang datang bukan hanya membawa makanan sejenis saja, namun beberapa jenis makanan yang dibawa seperti, buah-buahan, gorengan, nasi, ayam, sayur dan lain sebagainya. Yang penting bukan makannnya yang diambil dari kegiatan ini, namun apa makna di balik kegiatan semacam ini.

-

Arsip Blog

Recent Posts