15 Kelompok Ikuti Lomba JJC 2011

Yogyakarta - Sebanyak 15 kelompok dari masyarakat umum akan tampil sekaligus mengikuti lomba dalam perhelatan Jogja Java Carnival 2011 pada 22 Oktober sebagai puncak peringatan hari ulang tahun Kota Yogyakarta.

"Kami menerima 20 kelompok yang berminat untuk mengikuti Jogja Java Carnival (JJC) sekaligus menjadi peserta lomba, tetapi setelah diseleksi terdapat 15 tim yang akan tampil," kata Ketua Panitia Hari Ulang Tahun ke-255 Kota Yogyakarta Ferry Astono di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, seluruh kelompok yang mendaftar sebagai peserta tersebut berasal dari Kota Yogyakarta, dan minimal di dalam satu tim terdiri atas 20 orang. Panitia penyelenggara, lanjut dia, menyediakan dana stimulan Rp7,5 juta bagi masing-masing kelompok yang terpilih tampil dalam event tahunan yang akan digelar untuk keempat kalinya itu.

"Pekan depan, kelompok yang terpilih tersebut sudah harus mewujudkan kreasinya seperti tema yang diajukan," katanya.

Ia menambahkan, setiap kelompok dapat mewujudkan kreasinya di masing-masing wilayah dan tidak terpusat di suatu tempat.

"Perlombaan peserta Jogja Java Carnival baru diselenggarakan untuk pertama kali tahun ini. Kami berharap mereka bisa menampilkan karya terbaik," katanya.

Selain peserta dari Kota Yogyakarta, kegiatan yang menelan dana lebih dari Rp1 miliar tersebut juga diikuti peserta dari luar kota, di antaranya dari Surabaya, dan Medan. Selain diikuti kelompok dari masyarakat umum, panitia penyelenggara Jogja Java Carnival 2011 juga akan menampilkan setidaknya sejumlah kreasi kendaraan hias yang menampilkan keajaiban dunia, sesuai tema kegiatan yaitu "Magniworld".

Karnaval malam hari tersebut akan digelar dari Taman Parkir Abu Bakar Ali menuju Alun-Alun Utara Yogyakarta melintasi Jalan Malioboro. Untuk mengantisipasi penumpukan massa di sepanjang Jalan Malioboro saat dilangsungkannya karnaval malam hari tersebut, panitia akan memasang layar lebar di enam titik, yaitu Museum Perjuangan, Lapangan Karang Kotagede, Tegalrejo, dan Patang Puluhan.

Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) Deddy Pranowo Eryono mengatakan, telah mempromosikan kegiatan tahunan tersebut ke sejumlah negara tetangga melalui berbagai pameran biro perjalanan wisata di Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan China.

"Dari Penang Malaysia berkeinginan untuk berpartisipasi. Kami sudah menyampaikan keinginan tersebut kepada panitia penyelenggara," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tahunan tersebut merupakan ajang strategis untuk terus memperkenalkan Kota Yogyakarta sehingga dapat memberikan pengaruh positif bagi pengembangan industri pariwisata dalam jangka panjang.

-

Arsip Blog

Recent Posts