Candi Prambanan Ramai Pengunjung

Yogyakarta - Taman Wisata Candi Prambanan di Yogyakarta, pada Lebaran hari pertama, Rabu (31/8), tampak dipadati wisatawan terutama para pemudik usai bersilaturahmi dengan keluarga.

Berdasarkan pantauan, area parkir di taman wisata itu penuh dengan mobil pribadi maupun sepeda motor berpelat nomor polisi baik dari dalam maupun luar Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perhatian utama pengunjung ke bangunan kompleks Candi Prambanan, sehingga mereka setelah membeli tiket masuk langsung menuju kompleks candi.

Humas PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Suraji mengatakan pihaknya belum bisa menghitung jumlah pengunjung sejak Lebaran pada Selasa (30/8).

"Pengunjung langsung menuju ke kompleks bangunan candi, namun untuk masuk bangunan candi harus bergantian karena jika bersamaan akan berdesak-desakan bisa membahayakan keselamatan pengujung lainnya. Untuk memasuki bangunan candi memang harus manaiki tangga candi," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, agar tidak semua pengunjung terfokus pada bangunan candi, mereka dihibur dengan atraksi kesenian rakyat di antaranya "jatilan" (semacam kuda lumping), "cokekan", musik campursari, keroncong, dan "klenengan" (musik gamelan).(Ant/X-13)

-

Arsip Blog

Recent Posts