PKB 2012 Dilengkapi Dewan Kurator

Denpasar, Bali - Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Ketut Suastika mengatakan, dewan kurator akan melengkapi pelaksanaan ajang tahunan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-34 pada tahun 2012 di Taman Budaya Denpasar.

"Dewan kurator ini yang bertugas menyeleksi semua agenda PKB agar menjadi lebih berkualitas," kata Ketut Suastika, di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan hal tersebut dalam rapat perdana persiapan PKB ke-34 yang dihadiri oleh para budayawan, tokoh-tokoh seni dan akademisi bertempat di Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

"Kami merencanakan dewan kurator terdiri dari tujuh orang. Satu sebagai ketua dan enam orang lainnya merupakan para ahli di bidang pawai, pergelaran, parade, sarasehan, pameran dan dokumentasi seni," katanya.

Mereka, kata dia, akan diajak dari awal untuk menyusun rancang bangun PKB dan menentukan materi PKB dari sisi pertunjukan maupun pameran.

"Termasuk menentukan penempatan pagelaran disesuaikan dengan panggung yang tersedia di Taman Budaya. Idealnya, atraksi yang dipentaskan dengan panggung yang digunakan haruslah relevan," ujarnya.

Ia menambahkan, masih adanya kekurangan-kekurangan dalam penyelenggaraan PKB tahun ini, salah satunya disebabkan karena tidak adanya kurator.

"Belajar dari pengalaman PKB yang terakhir dan berdasarkan hasil rapat evaluasi pelaksanaan PKB, makanya kami memandang penting dibentuk dewan kurator," ujarnya.

Dewan kurator, lanjut Suastika, akan segera dibentuk. Paling tidak dalam satu bulan ke depan, dewan kurator dan rancang besar PKB sudah terformat.

"PKB tahun depan mengambil tema ’paras paros’ yang artinya kebersamaan. Mengenai penjabaran tema, akan kami bahas lebih lanjut dalam berbagai kegiatan diskusi kelompok terfokus," katanya.

PKB ke-34, kata dia, direncanakan dikemas dengan standar internasional, menyusul rencana dilaksanakannya ajang forum budaya dunia (WCF) oleh Pemerintah Indonesia di tahun 2012. "Bali, sejauh ini nampaknya menjadi kandidat kuat dipilih sebagai tempat pelaksanaan WCF," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts