Ribuan Orang Kenang Wolter Monginsidi

Manado, Sulut - Festival Wolter Monginsidi tahun 2011 dilaksanakan di lapangan Bantik Malalayang, Manado Senin sore. Festival ini untuk mengenang wafatnya pahlawan nasional asal Sulawesi Utara yang juga berdarah asli Suku Bantik, Robert Wolter Monginsidi, ke 62 yang jatuh pada tanggal 5 September.

Selain itu pelaksanaan festival ini merupakan ajang untuk melestarikan budaya lokal, karena banyak generasi muda yang tidak mengenal seni dan tradisi yang ada terutama Suku Bantik. Dalam festival budaya ini, dimulai dengan tari-tarian adat Mahamba Bantik, yang menceritakan tentang pergaulan muda mudi serta peringatan terhadap pahlawan Bantik yang tewas dalam perang.

Selain tarian mahamba, tarian kebesaran Bantik juga dipertontonkan. Tarian ini merupakan tarian perang masyarakat Suku Bantik yang menceritakan keadaan Suku Bantik pada ratusan tahun silam.

Tarian ini mempertontonkan aksi kekebalan para penari dengan mengiris pada bagian tubuh. Aksi ini merupakan simbol kehidupan masyarakat asli Suku Bantik yang hidup ratusan tahun silam. Untuk itu seni yang selama ini telah berkembang dan dimiliki oleh bangsa Indonesia hendaknya selalu dijaga kelestariannya.

-

Arsip Blog

Recent Posts