Ribuan Pengunjung Padati Candi Prambanan

Yogyakarta - H+1 Lebaran, obyek wisata mulai diserbu pengunjung, salah satunya adalah Candi Prambanan yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tercatat, 9 ribu orang memasuki obtek wisata ini, Senin (21/9). Sementara, prediksi puncak pengunjung diperkirakan pada H+2 dan H+3 mendatang.

"Karena pergeseran hari raya yang sebelumnya diperkirakan tanggal 21 September, maka berdampak pada jumlah pengunjung. Kami prediksikan, jumlah pengunjung akan mencapai puncak pada besok hingga lusa (22 dan 23 September. red) mendatang," papar Bambang Subandono, Kepala Unit Pengelola Candi Prambanan.

Jika dibandingkan libur Lebaran tahun lalu, jumlah pengunjung tahun ini memang mengalami sedikit penurunan, namun hal ini lebih diakibatkan pada pergeseran perkiraan hari raya, seperti yang telah dijelaskan Bambang. "Meski demikian, sejak dua tahun ini, volume pengunjung di Candi Prambanan selalu mencapai belasan ribu. Halaman dalam pun kita buka untuk tempat parkir yang baru dua tahun ini kami lakukan," tambah Bambang.

Tempat wisata seluas 75 hektar ini tiap tahunnya selalu meningkatkan pelayanan kepada para pengunjung. Pada lebaran tahun ini, pihak pengelola menyuguhkan sajian nostalgia serta memories. "Rata-rata yang berkunjung kesini adalah keluarga dari berbagai daerah. Sehingga kami coba berikan sajian nostalgia untuk mengingatkan masa kecil mereka ketika berkunjung kesini. Kami harapkan ini menjadi media edukasi keluarga," jelas Bambang.

Dari pantauan KRjogja.com di lapangan, sebagian pengunjung berasal dari luar daerah Yogyakarta, antara lain Jakarta, Surabaya, Kalimantan Timur serta daerah lain. Wisatawan mancanegara juga banyak yang mengunjungi tempat ini. Sementara untuk loket masuk kawasan Candi Prambanan ini dipatok Rp 9 ribu bagi anak-anak dan Rp 20 ribu bagi orang dewasa. Buka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. (Dhi)

-

Arsip Blog

Recent Posts