Wisata Pantai Ambon Menjanjikan

Ambon, Maluku - Kota Ambon memiliki potensi wisata pantai yang menjanjikan dan mampu menjadi ikon. Pantai dan pasir putih di Pantai Hunimua dan Namalatu misalnya, mempunyai potensi untuk dikembangkan dan dikelola sebagai kawasan wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisaya Maluku, Florence Sahusilawane mengatakan, pasir putih yang membentang luas yang didukung dengan alam bawah laut yang kaya akan terumbu karang dan berbagai jenis ikan menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Sehubungan dengan potensi tersebut, pihaknya sudah menyusun format untuk mengangkat potensi kedua objek wisata itu, baik disektor pariwisata dan kalautannya.

“Kawasan pantai dan pasir putih di Pantai Hunimua dan Pantai Namalatu untuk menjadi salah satu ikon pariwisata. Namun, terlebih dahulu harus disterilkan dan dilakukan pembenahan sehingga tidak kelihatan kotor. Ini menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. Saya yakin kalau panorama pantai tersebut akan mampu menembus wisata nasional hingga kemanca negara jika mendapatkan format dan desain yang tepat. Kami tetap melakukan pemantauan terhadap objek wisata yang ada,” ujarnya di Ambon Kamis (8/9).

Kemasan program untuk mengangkat dan membangun dunia pariwisata dan kelautan harus dilakukan. Untuk itu, pihaknya gencar melakukan pembenahan. Selain itu, upaya ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta mensejahterahkan masyarakat. Kemajuan sektor pariwisata juga tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama dengan semua pihak termasuk Perhimpunan Hotel Republik Indonesia (PHRI).

Potensi wisata alam yang ada di Maluku ternyata cukup besar. Selain kedua objek wisata tersebut, masih terdapat objek wisata Pulau Pombo. Tapi sayang, objek wisata yang memiliki panorama alam serta laut yang indah itu belum dikelola dengan baik.

“Pulau Pombo memang belum dibenahi dari segi infrastruktur, karena terbentur anggaran. Namun, dari segi propmosi, hal itu sudah dilakukan dan ini masuk dalam program 2011. Selain di Pulau Pombo, promosi juga dilakukan terhadap kuliner Maluku,” jelas Florence.

Lewat salah satu TV swasta, kita sudah lakukan kerja sama, dengan gencar mempromosikan Pulau Pombo yang tepat untuk snorkeling serta diving. Kita promosikan alam bawah laut yang indah tiada tanding.

Upaya pembenahan termasuk didalamnya menyediakan infrastruktur tidak semudah membalik telapak tangan. “Selain membutuhkan anggaran, tak terlepas pula dukungan masyarakat untuk menjaga kelestarian objek wisata yang ada,” imbuh Florence.

-

Arsip Blog

Recent Posts