Wisata Sejarah di Museum Sulteng

Palu, Sulteng - Museum Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) dipadati ratusan siswa sekolah dasar berseragam putih merah. Mereka berkumpul untuk ikut meramaikan Pekan Nasional Cinta Sejarah (PENTAS) pada Selasa (13/9/2011).

Museum yang terletak di Jalan Kemiri, Kota Palu, itu didaulat menjadi tuan rumah dengan diadakannya pameran kain nusantara dan pameran lintasan sejarah perjuangan bangsa. Kesempatan tersebut disambut baik oleh pihak museum, karena kegiatan itu akan memberi dampak positif terhadap kunjungan minat wisatawan untuk berkunjung.

"Digelarnya dua pameran tersebut menjadikan kunjungan wisatawan ke museum lebih meningkat," ujar Kepala Museum Sulteng Muslimah selaku saat ditemui di kantornya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulteng Suaib Djafar yang mengatakan bahwa PENTAS 2011 dapat memberikan dampak positif tidak hanya terhadap kunjungan wisatawan ke museum,

"Tetapi secara luas akan berdampak positif bagi sektor ekonomi dengan meningkatnya kunjungan wisata ke Sulawesi Tengah," terangnya. Pada kesempatan yang sama, Riza seorang siswa kelas 5 SDN 2 Kalukubula, menuturkan rasa gembiranya saat mengikuti tur ke museum.

"Menyenangkan sekali bisa belajar sejarah di museum, apalagi belajar mengenal tentang beragam kain nusantara," kata Riza dengan logat khas Sulawesinya.

Acara pameran yang merupakan salah satu rangkaian acara PENTAS ini, diharapkan mampu menumbuhkembangkan dan mendorong masyarakat untuk mencintai budaya dan sejarah nasional. Acara tersebut akan berlangsung hingga 18 September 2011 di Museum Sulawesi Tengah.

-

Arsip Blog

Recent Posts