Kirim Angklung ke Afrika Selatan

Bandung, Jabar – Upaya Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melestarikan budaya selalu dilakukan dalam berbagai kesempatan. Kali ini, Ahmad Heryawan mengirim angkluk ke Afrika Selatan.

“Selain penghormatan, pengiriman angklung juga menjadi upaya pengakuan sebagai kekayaan kebudayaan dunia,” papar Ahmad Heryawan, usai bertemu bertemu Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan Sjahril Sabarudin di Gedung Pakuan Jalan Otto Iskandardinata Kota Bandung, Jumat (21/10/2011).

Gubernur melihat pentingnya menyebarluaskan budaya Jabar karena masih urusan primer. “Misalnya kita kirim seperangkat angklung agar menjadi world heritage, bukan sekadar Sundaneese heritage,” tambah Gubernur.

Heryawan mengatakan Jabar memiliki peran signifikan dalam perdagangan ke Afrika Selatan. Karena itu, kerja sama yang akan dikembangkan harus berbasis system profit, misalnya melakukan kesepakatan sister province.

“Sebelumnya, kita sudah punya sister province. Nah model ini akan kita pakai dengan Afsel, kerja sama dengan provinsi Afsel harus seperti system profit. Kita bisa menandatangani forum ini dan akan ke sana,” jelasnya.

Heryawan mengungkapkan, komoditas yang akan dikembangkan di Afsel diprioritaskan berbasis industri kreatif. “Kreativitas itu jadi mahal, padahal bahannya murah. Makanya kita harus fokuskan ke sana. Tetapi tetap sambil menjaga dan meningkatkan industri yang sudah berjalan, seperti tekstil, sepatu, teh, kopi. Atau pertukaran pelajar dan kemudahan-kemudahan investasi tertentu," paparnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts