Singkawang Siap Gelar Turnamen Sumpit Internasional

Singkawang, Kalbar - Kota Singkawang, Kalimantan Barat, siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Borneo Sumpit Tournament pada 18-20 November mendatang.

Sebanyak 153 peserta dari Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Negara Bagian Sarawak, Malaysia, telah mendaftar.

Sekretaris Daerah sekaligus Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Kota Singkawang, Syech Bandar, Rabu (2/11/2011), mengatakan, jumlah peserta kemungkinan masih akan bertambah.

"Peserta yang sudah mendaftar dari Komunitas di Kuching, Sarawak sebanyak 31 peserta. Beberapa komunitas sumpit di Sarawak menyatakan kesediaannya untuk bergabung, hanya belum mendaftarn," kata Bandar.

Menyumpit adalah olahraga dan kesenian tradisional masyarakat Dayak yang berdiam di Pulau Kalimantan. Mereka kini tinggal di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, M Faried, mengatakan, turnamen sumpit internasional itu merupakan ajang promosi wisata menggantikan agenda tahunan konser musik perbatasan.

"Saya berharap, turnamen sumpit internasional itu bisa mengatrol kunjungan wisatawan asing lebih dari 25.000 per tahun ke Kalbar," kata Faried.

-

Arsip Blog

Recent Posts