Tiga Band Asing Tiba di Banda Aceh

Banda Aceh, NAD - Tiga band mancanegara yang akan mengikuti Aceh Internasional Festival Musik Sufi tiba di Banda Aceh, Rabu, melalui bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang.

"Ketiga band yang tiba tadi yakni Raihan berasal dari Malaysia, Yahya Zadeh dari Perancis dan Shahid Parvev dari India, sedangkan untuk Roohtaf band asal Iran Insya Allah mereka akan tiba besok hari," kata Rafli, konseptor acara festival tersebut.

Ia menyebutkan, untuk grup Raihan mereka membawa personil sebanyak sembilan orang, grup asal Perancis membawa personil sebanyak tujuh orang serta grup musik dari India dengan personilnya sebanyak tiga orang.

"Untuk keberangkatan ketiga band sufi tersebut menempuh rute melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur menuju Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Mereka tiba sekitar jam 17.00 WIB," ujar Rafly.

Ia berharap, festival yang berlangsung 18-19 November mendatang itu menjadi ajang promosi bagi Aceh yang mencanangkan wisata budaya yang Islami. Perhelatan akbar ini memberi pesan bahwa Aceh merupakan yang layak dikunjungi oleh semua turis domestik dan internasional.

"Dulu ulama-ulama Aceh berdakwah melalui dunia seni dan keindahan seperti Hamzah Fansuri dan Syiah Kuala," ingat pemilik suara yang melengking ini.

Acara festival yang bertaraf internasional ini tentunya akan dimeriahkan oleh berbagai musisi baik dari lokal, nasional dan juga mancanegara.

Sementara itu, manajer pertunjukan Ayi Sarjev mengatakan, saat pembukaan Aceh Internasional Festival Musik Sufi direncanakan para musisi dari mancanegara tersebut akan dikolaborasikan dengan sejumlah musisi dari nasional dan lokal.

"Sebelum kolaborasi itu maka akan dilakukan kolaborasi antar komunitas budaya rapai Aceh meusuhu dan rapai pasee sebanyak 60 orang," demikian Ayi Sarjev.

-

Arsip Blog

Recent Posts