Sepeda motor kuno ramaikan liburan di Borobudur

Magelang - Pameran sepeda motor kuno meramaikan liburan akhir tahun 2011 di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Koordinator pameran Umar Khusaeni di Magelang, Senin mengatakan bahwa kegiatan pameran sepeda motor antik internasional itu berlangsung di Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia (GUSBI) mulai 24 Desember 2011 hingga 9 Januari 2012.

Ia menjelaskan bahawa pada pameran tersebut pengunjung Candi Borobudur dapat menyaksikan sepeda motor buatan tahun 1940 hingga buatan tahun 1960-an. Sepeda motor kuno tersebut masih dapat dijalankan dengan normal meskipun umurnya sudah mencapai puluhan tahun.

Umar mengatakan bahwa pameran sepeda motor antik ini diselenggarakan oleh Motor Antik Club Magelang (MACM).

Ia mengatakan, dalam kegiatan ini hanya 14 sepeda motor yang dipamerkan mengingat keterbatasan ruang pamer.

Sepeda motor tertua dalam pameran tersebut adalah buatan Inggris tahun 1941 dengan merk Birmingham Small Arms (BSA), sedangkan yang paling muda adalah buatan tahun 1961 merk Jawa buatan produsen di Cekoslovakia.

Menurut dia, MACM beranggotakan 60 orang dengan jumlah koleksi sekitar 100 sepeda motor antik.

Ia mengatakan bahwa kegiatan pameran motor antik ini untuk memperkenalkan sepeda motor tua kepada para generasi muda.

"Kegiatan ini bisa menjadi sarana edukasi, yakni sejarah motor di Indonesia. Di Magelang ternyata masih banyak terdapat sepeda motor langka. Barang-barang ini harus dipertahankan karena memiliki sejarah tinggi dan juga keunikannya," kata dia menjelaskan.

Ketua MACM, Tatang, mengatakan, MACM ingin mempertahankan sepeda motor kuno, sampai kapan pun.

"Sepeda motor kuno ini bagian dari budaya yang memiliki keunikan dan langka maka harus dipertahankan," kata Tatang menegaskan. (U.H018/M026) 

-

Arsip Blog

Recent Posts