Singapura, Pasar Utama Pariwisata Indonesia

Jakarta - Separuh dari calon wisatawan yang akan datang ke Indonesia berasal dari Asia Pasifik. Singapura berada di peringkat teratas (19 persen), disusul Malaysia (15 persen), Taiwan (9 persen,) dan Australia (9 persen).

Hasil ini diperoleh dari Global Tourism Intentions Survey tahun 2011 (Survei Minat Pariwisata Global yang dilakukan oleh Visa, dengan 11.620 orang responden dari 23 negara di dunia). Hasil survei juga menunjukkan adanya penawaran wisata yang menarik, keindahan alam, dan stabilitas politik menjadi faktor utama yang mendorong para wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

"Global Intentions Survey yang dilakukan oleh Visa pada tahun 2011 ini merupakan survei minat berwisata keenam yang sudah kami lakukan, dan untuk pertama kalinya dilakukan secara global. Survei ini sangat bermanfaat dalam memberi wawasan mengenai tren terbaru tentang pengalaman, daya tarik, perilaku, dan minat para wisatawan, bagi organisasi-organisasi pariwisata internasional dan nasional, para pembuat kebijakan, dan operator wisata serta merchant," kata Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Rabu (28/12/2011).

Menurut survei ini, selama mereka tinggal di Indonesia, para wisatawan tersebut lebih memilih berwisata kuliner makanan lokal, menikmati suasana dan hiburan malam, berolahraga air dan juga menikmati perawatan kecantikan, kebugaran, serta relaksasi.

Survei juga mengungkapkan profil dari para calon wisatawan yang akan ke Indonesia dalam dua tahun ke depan. Rata-rata mereka berusia 34 tahun, menikah dan memiliki anak, dan berencana untuk datang ke Indonesia bersama pasangan mereka. Mereka juga lebih memilih untuk tinggal di hotel berbintang tiga atau empat daripada pilihan tempat tinggal lainnya.

Para wisatawan ini kebanyakan merencanakan perjalanan mereka sendiri tanpa bantuan agen perjalanan. Para wisatawan ini pun berencana untuk menghabiskan sekitar Rp 13.567.500 (1.500 dollar AS) untuk liburan mereka dan bersedia membayar lebih untuk mendapat kenyamanan selama berwisata dan pengalaman kuliner yang mengesankan.

-

Arsip Blog

Recent Posts