Tarian Modinggu Dikenalkan ke Dunia

Kolaka, Sultra - Selain situs sejarah yang diperkenalkan di Kabupaten Kolaka, rupanya masih banyak budaya yang diperkenalkan di daerah luar, bahkan sampai keluar negeri. Salah satunya tarian tradisional khas Kolaka yakni tarian Modinggu.

Tarian ini menceritakan tentang keseharian nenek moyang yang melakukan profesinya sebagai petani yang tidak pernah lelah dalam melakukan pekerjaannya. Tarian ini biasanya digunakan menyambut apabila ada tamu dari luar daerah yang datang berkunjung di Kolaka.

Kabid Budaya dan Obyek Wisata Disbudpar Kolaka, Hj Hariati mengatakan, bulan lalu, tarian ini diperkenalkan di tingkat dunia saat mengikuti KTT Asian Fair yang dilaksanakan di Bali.

"November lalu kami mengikuti KTT Asian fair, dengan memperkenalkan tarian modinggu," ujarnya.

Hariati mengatakan, dalam mengikuti KTT Asean ini dirinya hanya mempersiapkan mental dan fisik sebelum membawakan tarian tersebut. untuk mengikuti KTT Asean Fair ini dana yang digunakan dari dana pribadi. Tarian ini merupakan tarian olah tubuh yang personilnya terdiri dari enam orang wanita dan empat orang pria tidak luput dari bantuan aransemennya berjumlah enam orang.

Dia menambahkan, tarian ini banyak di minati oleh kalangan pelajar, mulai dari tingkat SD, SMP, Maupun SMA. Tujuannya untuk mengajarkan sedini mungkin agar dapat mengetahui pentingnya seni tarian yang ada.

-

Arsip Blog

Recent Posts