Laskar Pelangi Bakal Terbit Di Amerika Serikat

Jakarta - Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata bakal mendunia. Tahun depan novel ini diterbitkan di Amerika Serikat dan Italia.

Novel ini akan diterbitkan Farrar, Straus and Giroux (FSG). Berdiri pada 1946, penerbit ini dikenal banyak melahirkan karya sastra dunia pemenang Nobel. Rencana penerbitan itu diumumkan oleh Kathleen Anderson Literary Management, lembaga yang berpusat di New York, melalui situs www.publishermarket.com.

“Saat ini novel sedang diedit oleh Sarah Chrichton,” ujar Ditta Sekar Campaka, staf bagian promosi Bentang Pustaka, kepada Tempo, Kamis 5 Januari 2012.

Sang editor, kata Ditta, telah membaca novel Laskar Pelangi dan memberikan pujian atas novel tersebut. "Dia bisa tertawa, ceria, sekaligus terharu," kata Ditta. Kepada Ditta, Sarah juga mengaku mencintai figur anak-anak Belitung dan gurunya itu.

Tak cuma di Amerika Serikat, Laskar Pelangi juga segera diterbitkan oleh beberapa penerbit di Eropa dan Asia. Salah satunya penerbit Italia, Rizzoli, yang menerbitkan buku Eat, Pray and Love serta Three Cups a Tea versi Italia. Penerbit ini juga berkeinginan menerbitkan Laskar Pelangi dalam bahasa Italia. Salah satu majalah Italia, Il Corriere Della Sera, telah memberikan publisitas besar-besaran tentang Laskar Pelangi ini.

Bentang Budaya menerbitkan Laskar Pelangi pada 2005 dan tetraloginya yang berjudul Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Laskar Pelangi bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang berjuang untuk belajar di sekolah Muhammadiyah di Belitung, sekaligus berjuang menembus segala keterbatasan di sekolah mereka.

-

Arsip Blog

Recent Posts