Nelayan Seluruh Indonesia Gelar Pesta Pantai

Nongsa, Kepri -Tim pelaksana kerja nelayan dan rukun nelayan di bawah naungan DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Batam akan menggelar pesta pantai.

Dalam pesta pantai yang dilaksanakan di kawasan wisata Nongsa pantai ini mengangkat tema 'Mengangkat Tradisional Nelayan Melayu Menuju Kebersamaan'.

Suparman Laradio, sekretaris panitia pesta pantai mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menunjang kesuksesan program wisata yang dicanangkan Pemko Batam. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menaikan gairah kedatangan wisatawan di Batam dan Nongsa pantai khususnya.

Selain itu, dengan kegiatan ini panitia juga mencoba untuk mengajak seluruh masyarakat melayu untuk tidak melupakan budayanya. Dengan kegiatan ini, katanya, mampu membuka kembali ingatan masyarakat mengenai kayanya warisan budaya melayu itu sendiri.

"Kita memberikan motivasi bagi seluruh lapisan masyarakat agar terus berkarya. Dan kegiatan ini salah satu momentum bagi warga untuk menunjukkan kemampuannya," ujar Suparman.

Kegiatan yang berlangsung dua hari berturut-turut yakni Sabtu (14/1) hingga Minggu (15/1) mendatang ini diisi dengan serangkaian perlombaan dan hiburan. Kegiatan perlombaan itu, sampan layar tradisional, sampan dayung kolek dan lomba jong.

"Mengingat keterbatasan panitia, ada beberapa perlombaan yang sudah direndanakan seperti dayung kayak dan lomba gasing ditiadakan. Kepada peserta yang akan mengikuti perlombaan ini dapat memahami. Namun begitu dipastikan kegiatan ini tetap akan meriah," ujarnya.

Dalam penutupan kegiatan, panitia memberikan hiburan kepada masyarakat dalam bentuk musik melayu. Hiburan yang disajikan ini, katanya, musik yang bernuansa dan menunjukkan ciri khas melayu. [mor]

-

Arsip Blog

Recent Posts