Batik Berperan Penting dalam Industri Kreatif

Jakarta - Duta Besar Republik Federal Jerman, Dr. Norbert Baas mengatakan bahwa batik bukan hanya menjadi ciri khas bagi budaya Indonesia tetapi juga memainkan peran penting dalam ekonomi kreatif Indonesia.

"Karya seni batik, melalui kekayaan ragam bentuk, motif dan maknanya mempesona setiap pengunjung yang datang ke Indonesia, oleh karena itu batik dapat memainkan peranan penting dalam ekonomi kreatif Indonesia," kata Norbert Baas pada jumpa pers pembukaan pameran Batik Indonesia "Warisan yang Hidup" di Jakarta, Rabu.

Norbert mengatakan, secara pribadi dia tertarik pada batik karena kekayaan warna dan ragam dalam batik.

"Batik sangat indah, saya pribadi menyukai warna dan motif batik yang penuh imajinasi," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut Norbert Baas juga mengatakan bahwa Indonesia dan Jerman memiliki banyak kesamaan terutama dalam hal keberagaman dan kreativitas.

Pameran Batik Indonesia berjudul "Warisan yang Hidup" digelar di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat selama dua belas hari, mulai 25 Januari jingga 6 Februari 2012.

Pameran yang menampilkan karya seni dari seniman batik Eropa terutama dari Jerman dan juga Indonesia tersebut bertujuan untuk mengapresiasi batik, gaya seni tradisional Indonesia.

Pemeran terselenggara sebagai salah satu rangkaian acara kebudayaan JERIN atau Jerman Indonesia yang didukung penuh oleh Goethe Institut dan EKONID (Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman).

-

Arsip Blog

Recent Posts