NTB Tuan Rumah Pekan Seni Mahasiswa Nasional

Mataram, NTB - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XI yang rencananya akan digelar pada 2-6 Juli 2012.

Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof H Sunarpi Ph.D, di Mataram, Kamis, mengatakan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XI tahun 2012 karena dinilai paling siap di antara provinsi lain yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah.

"NTB dinilai paling siap dari tiga provinsi yang mencalonkan diri jadi tuan rumah, selain Gorontalo dan Sulawesi Selatan. Apalagi Gubernur NTB H M Zainul Majdi sudah memberikan sinyal dukungan untuk menyukseskan kegiatan itu," ujarnya.

Menurut dia, penyelenggaraan Peksiminas tidak hanya dilakukan oleh Unram, namun akan dikolaborasikan dengan sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Kota Mataram.

Perguruan tinggi yang dilibatkan sebagai tuan rumah penyelenggara diminta untuk berpartisipasi dalam hal biaya pelaksanaan kegiatan, di samping dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dari APBD Pemerintah Provinsi NTB.

Jumlah peserta yang akan hadir diperkirakan mencapai 1.500 orang. Para peserta adalah mahasiswa perwakilan dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada 33 provinsi yang ada di Indonesia.

Sunarpi yang didamping Kepala Bagian Kemahasiswaan Unram M Farouk, mengatakan, para peserta yang jumlahnya mencapai ribuan orang tersebut akan ditampung di sejumlah hotel yang ada di Kota Mataram.

"Saya rasa, kamar yang tersedia di sejumlah hotel berbintang yang ada di Kota Mataram cukup untuk menampung para peserta Peksiminas," ujarnya.

Kepala Bagian Kemahasiswaan Unram M Farouk, mengatakan, kegiatan Peksiminas X1 tersebut merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni.

Peksiminas diselenggarakan sekali dalam dua tahun oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud dengan menunjuk salah satu pengurus Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) sebagai panitia penyelenggara kegiatan.

Peserta yang mengikuti kegiatan itu adalah hasil seleksi terbaik dari mahasiswa peserta yang ikut pada pekan seni mahasiswa daerah (Peksimida).

"Kami saat ini tengah mempersiapkan kegiatan Peksimida untuk menyeleksi mahasiswa yang akan mewakili Unram dalam Peksiminas nanti," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan berskala nasional tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi Provinsi NTB yang tengah berjuang mendatangkan satu juta wisatawan melalui program "Visit Lombok- Sumbawa 2012".

"Makanya kami memperjuangkan agar NTB jadi tuan rumah karena bertepatan dengan tahun kunjungan ke Lombok-Sumbawa. Itu juga sebabnya kenapa gubernur sangat mendukung sekali," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts