2013, Jateng Bertabur Festival Wisata

Jakarta - Dalam rangka "Visit Jawa Tengah 2013", berbagai atraksi wisata telah disiapkan Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Acara seperti festival, ajang olahraga, dan acara MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) digelar untuk menarik kunjungan wisatawan.

Acara-acara ini akan berlangsung di tahun 2013. Namun, beberapa merupakan acara tahunan yang akan juga diselenggarakan di 2012.

"Ada Borobudur International Festival, Festival Gamelan Internasional, Lawang Sewu Heritage Festival," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Tengah, Budiyanto, pada acara Dafam Hotel Management Media Gathering bersama Disbudpar Jawa Tengah, di Jakarta, Jumat (24/2/2012) malam.

Selain itu festival budaya menarik lainnya adalah Festival Cheng Ho, Solo Batik Carnival, Festival Batik Internasional (Kota Pekalongan), dan Festival Lima Gunung (Kabupaten Magelang).

Ada pula Festival Balon (Kabupaten Wonosobo), Dieng Culture Festival (Kabupaten Banjarnegara-Wonosobo), Festival Layang-layang dan Surfing Internasional (Kabupaten Kebumen), dan lain-lain.

Sementara festival yang berhubungan dengan kuliner seperti Festival Jamu Internasional dan Festival Kuliner Jawa Tengah dan Nasional.

Agenda olah raga yang akan diselenggarakan antara lain Festival Dayung Internasional (Kabupaten Cilacap), Kejuaraan Otomotif Nasional dan Internasional, Kejuaraan Olah Raga Nasional dan Internasional (KONIDA, CABOR, dan lain-lain), Kejuaraan Golf Nasional, Internasional Serayu Festival (Lomba Arung Jeram Internasional), dan Borobudur 10 K. "Borobudur 10 K ini jadi pembukaan untuk Visit Jawa Tengah 2013," kata Budiyanto.

Selain itu, terdapat acara khusus yang sudah beberapa kali diselenggarakan. Misalnya Borobudur Jazz International dan Sendratari Mahakarya Borobudur. Ada juga atraksi khusus yaitu Jawa Tengah Menari, Central Java Orchestra, Pembuatan Rekor MURI, Sail Karimunjawa, Solo International Contemporary Ethnic Music, dan Semarang Night Carnival.

Sementara itu ajang MICE antara lain Jawa Tengah sebagai tuan rumah Senior Official Meeting APEC pada bulan Mei-Juni 2013. Menurut Budiyanto, acara ini akan dihadiri oleh 24 negara setingkat menteri.

Ajang MICE lainnya adalah Central Java Investment Business Forum pada bulan Mei 2013, Borobudur International Festival pada Juni 2013, Borobudur Travel Mart and Expo, Travel Indonesia Mart and Expo (TIME), dan lainnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts