Tour de Karimun Diikuti Ratusan Peserta

Karimun, Kepri - Tercatat 500 pesepeda ikut ambil bagian dalam lomba sepeda santai Tour de Karimun 2012 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Karimun, Riau, Ahad (4/3). Peserta berasal dari Karimun Cycling Club, warga, pelajar, pegawai instansi vertikal, dan pemda.

Sekitar 20 pesepeda dari Malaysia juga turut meramaikan lomba yang menempuh rute 45 kilometer dengan melintasi jalan-jalan utama di tiga kecamatan di Pulau Karimun Besar, yaitu Karimun, Meral, dan Tebing. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkembangkan semangat berolahraga di kalangan warga masyarakat.

Tour de Karimun merupakan agenda kepariwisataan yang diadakan setiap tahun di Kepulauan Riau. Selain bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, Tour de Karimun diharapkan menjadi salah satu agenda kepariwisataan yang dapat menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara.

"Untuk tahap awal Tour de Karimun memang baru diikuti warga lokal. Ke depan kita tingkatkan dengan mengundang peserta dari negara tetangga," kata Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Karimun Syuryaminsyah. Menurut dia, keberadaan Jalan Lingkar Tanjung Balai Karimun diharapkan mendukung agenda kepariwisataan seperti Tour de Karimun.

"Jalan Lingkar akan menjadi ikon pariwisata di Karimun, selain sebagai pusat kegiatan hiburan dan kesenian masyarakat, jalan ini akan menjadi pusat kegiatan Tour de Karimun pada tahun-tahun berikutnya," ucapnya. Dia menambahkan hanya menyediakan hadiah doorprize berupa sepeda, televisi, kulkas dan hadiah hiburan lainnya.

"Tour de Karimun memang belum bisa kami tingkatkan menjadi balap sepeda karena harus didukung dengan kondisi jalan yang memadai serta sarana prasarana pendukung yang lengkap. Makanya, tahun ini masih kita laksanakan dalam bentuk acara sepeda santai dengan menyediakan hadiah doorprize," tambahnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts