Hampir Rp2 Miliar Biaya Renovasi Istana Maimoon

Medan, Sumut - Walikota Drs H Rahudman Harahap MM ingin terus melestarikan kebudayaan Melayu di tengah Kota Medan yang merupakan Tanah Deli. Salah satu upaya yang dilakukan di Pemko Medan dengan merenovasi Istana Maimum, sebagai salah satu peninggalan sejarah dan menjadi ikon Kota Medan.

"Untuk tahun ini saya telah menyediakan anggaran hampir Rp2 miliar untuk merenovasi bangunan utama Istana Maimun," kata Walikota ketika menerima audiensi Pengurus Besar Angkatan Muda Melayu Indonesia (PB AMMI) di Balai Kota, Rabu (18/4).

Dengan renovasi yang dilakukan itu, Walikota berharap istana peninggalan Kesultanan Deli ini menjadi lebih menarik sehingga mengundang ketertarikan turis domestik maupun mancanegara. Tentunya ini sangat mendukung program Visit Medan Year 2012, sebab ibu kota provinsi Sumatera Utara ini telah ditetapkan menjadi daerah kunjungan wisata.

Selain merenovasi bangunan utama, Walikota kini telah mencari dana untuk merenovasi air mancur yang ada di halaman Istana. Soalnya, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan karena luput dari perhatian dan sentuhan.

Di samping renovasi, Walikota juga peduli dengan kebersihan Istana Maimun. Guna mendukung kebersihannya, terutama kamar mandi, kini telah di tempatkan dua orang tenaga outsourching untuk melakukan pembersihan. Dengan demikian apabila turis ingin menggunakan fasilitas kamar mandi ketika mengunjungi Istana Maimun, bisa merasa lebih nyaman.

Apabila Istana Maimun sudah benar-benar terlihat menarik, Walikota menyampaikan keinginannya kepada seluruh pemangku adat dan pengurus organisasi Melayu agar menghidupkan kembali kegiatan budaya di Istana Maimun.

Dalam kegiatan itu hendaknya seluruh peserta mengenakan pakaian adat Melayu, termasuk pakaian dan peralatan yang dikenakan ketika Kesultanan Deli masih Berjaya dulu. "Saya yakin jika ini dilakukan, maka turis semakin banyak mengunjungi Kota Medan untuk melihat Istana Maimun," ungkapnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts