Pemkot Medan Segera Renovasi Istana Maimun

Medan, Sumut - Pemerintah Kota Medan Sumatera Utara akan merenovasi Istana Maimun sebagai salah satu peninggalan sejarah dan menjadi ikon kota itu.

"Untuk tahun ini saya telah menyediakan anggaran hampir Rp2 miliar untuk merenovasi bangunan utama Istana Maimun," kata Wali Kota Medan Rahudman Harahap ketika menerima audiensi Pengurus Besar Angkatan Muda Melayu Indonesia (PB AMMI) di Balai Kota, Rabu.

Menurut dia, renovasi istana peninggalan Kesultanan Deli itu didorong keinginan untuk terus melestarikan kebudayaan Melayu di tengah Kota Medan yang merupakan Tanah Deli. "Apa yang kita lakukan ini semata-mata untuk melestarikan kebudayaan Melayu," katanya.

Dia berharap Istana Maimun menjadi lebih menarik sehingga mengundang turis domestik maupun mancanegara untuk datang ke Medan.

"Tentunya ini sangat mendukung program ’Visit Medan Year 2012’, sebab ibu kota provinsi Sumatera Utara ini telah ditetapkan menjadi daerah kunjungan wisata," katanya.

Selain merenovasi bangunan utama, kata Rahudman, pihaknya tengah mencari dana untuk merenovasi air mancur yang ada di halaman Istana. Soalnya, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan karena luput dari perhatian dan sentuhan.

Dia menjelaskan, penanganan kebersihan Istana Maimun juga akan lebih diperhatikan. Guna mendukung kebersihannya, terutama kamar mandi istana, kini telah ditempatkan dua orang tenaga lepas untuk melakukan pembersihan.

"Jadi apabila turis ingin menggunakan fasilitas kamar mandi ketika mengunjungi Istana Maimun, bisa merasa lebih nyaman," katanya.

Dia berharap pembenahan fisik istana itu nantinya juga diikuti dengan aktifitas budaya. Untuk itu kepada seluruh pemangku adat dan Pengurus Organisasi Melayu agar menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan budaya yang menggambarkan suasana ketika Kesultanan Deli masih berjaya.

"Saya yakin jika ini dilakukan, maka turis semakin banyak mengunjungi Kota Medan untuk melihat Istana Maimun," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts