Sulteng Targetkan Satu Juta Wisatawan

Palu, Sulteng - Sulawesi Tengah (Sulteng) menargetkan satu juta wisatawan dari dalam dan luar negeri yang datang ke daerah ini pada 2012.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah Norma Marjanu di Palu, Jumat (23/3) mengatakan target tersebut bisa terwujud dengan kerja keras semua masyarakat yang mendukung program kerja pemerintah.

Dia juga meminta pemerintah daerah untuk membangun sarana dan prasarana untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri. Ia mengatakan daerah wisata yang sudah menjadi ikon pariwisata Sulawesi Tengah harus tetap dilestarikan, seperti Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo dan Danau Poso di Kabupaten Poso.

Di dua daerah itu telah terdapat agenda wisata tahunan yang sudah dikenal masyarakat secara nasional dan internasional, seperti Festival Bahari Togean dan Festival Danau Poso.

Norma mengatakan, pemerintah akan menata merivitalisasi sejumlah agenda wisata tahunan seperti Festival Danau Poso agar lebih menarik wisatawan. Menurut dia, Festival Danau Poso adalah potensi wisata menjanjikan karena bisa lebih mengenalkan Kabupaten Poso dari sisi pariwisata dan kebudayaan.

Lebih lanjut, katanya, Sulawesi Tengah memiliki berbagai potensi wisata yang masih perlu dikembangkan agar bisa mendatangkan wisatawan dalam dan luar negeri. "Kalau semuanya dikelola maksimal maka target satu juta wisatawan dapat dicapai tahun ini," kata Norma.

-

Arsip Blog

Recent Posts