Budaya Indonesia Tampil di London Lewat Festival Gong

London, Inggris - KBRI London mengelar rangkaian kegiatan Gong Festival 2012 yang merupakan promosi terpadu "Trade, Tourism, Investment and Education" (TTIE) dengan pertunjukan seni budaya berupa tari tarian serta temu bisnis.

Gong festival juga diisi dengan workshop dan pelatihan gamelan dan wayang, pameran dan pemutaran film berlangsung dari tanggal 12 hingga 19 Mei mendatang bertempat di Gateshead, Newcastle, Inggris, ujar Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI London, Heni Hamidah kepada ANTARA, Selasa.

Puncak Gong Festival 2012 adalah acara Celebrate Indonesia, pembukaan secara resmi program GONG Festival 2012 dan dilanjutkan Indonesian Business Conference and Exibition diadakan di Baltic Square, Gateshead dan dibuka secara resmi wakil walikota Gateshead, Malcon Brain dan Dubes Hamzah Thayeb.

Acara pembukaan Gong Festival dihadiri sekitar 200 undangan yang terdiri atas pejabat pemerintah Gateshead dan Newcastle, dari UKTI, akademisi University of Newcastle dan Northumbria University, seniman, media massa dan masyarakat setempat.

Upacara pembukaan tersebut ditandai dengan penekan tombol yang mengangkat jembatan Millennium yang menghubungkan kota Gateshead dengan Newcastle oleh Dubes Hamzah Thayeb dan Ny Lasty Thayeb. Pembukaan dimeriahkan antara lain gamelan dari kelompok Siswa Sukra dari London serta kelompok gamelan Durham.

Selain itu tampil kelompok gamelan Chopwell dan tarian dari Sanggar Tari Lila Bhawa, tari Saman serta musik angklung oleh siswa-siswi Westgate Hill Primary School, Newcastle dan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam PPI Newcastle turut memeriahkan Gong Festival.

Acara Celebrate Indonesia tersebut juga semakin meriah dan menarik perhatian dengan adanya pameran produk makanan dan barang-barang seni budaya Indonesia, ujarnya.

Momentum ini juga digunakan KBRI London untuk melakukan pelayanan kekonsuleran bagi warga Indonesia yang berdomisili di daerah Gateshead , Newcastle dan sekitarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts