Indonesia Sabet Penghargaan Asian Festival di Oklahoma

Oklahoma, AS - Dua pertunjukan seni yang ditampilkan Indonesia, masing-masing Biola solo oleh Nathaniel Parker dan tari Topeng Cirebonan oleh Sarah Shutts memperoleh penghargaan khusus dalam Asian Festival 2012 yang diselenggarakan Sabtu lalu di Oklahoma City, Amerika Serikat (AS). Natahniel membawakan musik klasik dari Jawa Barat, Panon Hideung. Kedua penampilan itu dinilai sangat bagus dan mengesankan para penonton.

Dalam Asian Festival itu, Indonesian-American Association of Oklahoma (IAAO), Asia Society of Oklahoma (ASO) dan Konsulat Jenderal RI (KJRI) Houston menjadi tuan rumah festival yang diikuti Cina, Filipina, India, Iran, Jepang, Korea, Vietnam dan Taiwan.

Konsul Jenderal RI, Al Busyra Basnur dalam sambutan pembukaannya antara lain mengatakan bahwa Asian Festival memiliki arti strategis dalam upaya meningkatkan hubungan dan persahabatan Asia dengan AS, khususnya dengan masyarakat Oklahoma.

"Dengan menampilkan seni, budaya dan pameran tentang Asia, masyarakat Amerika Serikat khususnya yang berdomisili di Oklahoma dan sekitarnya semakin mengenal dan memahami Asia", kata Al Busyra Basnur.

Konjen Al Busyra Basnur selanjutnya menyampaikan terimakasih masyarakat Asia-Amerika di Oklahoma yang teleh memberi kepercayaan kepada Indonesia sebagai penyelenggara festival tahun ini. "Ini merupakan suatu kepercayaan dan prestasi bagi Indonesia untuk menyelenggarakan Asian Festival", kata Al Busyra Basnur.

Festival juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi dan politisi Oklahoma, antara lain US Rep. James Lankford, Sen. Al McAfrey, Rep. Anastasia Pittman, City Councilman David Greenwell, serta perwakilan berbagai perkumpulan masyarakat Asia di Oklahoma, antara lain, China, Filipina, India, Indonesia, Iran, Jepang, Korea, Taiwan dan Vietnam.

Selain kesenian juga diselenggarakan kompetisi musik dan Miss Asia yang diikuti 9 negara. Sebagai tuan rumah, Indonesia mendapatkan alokasi waktu 30 menit, dengan menampilkan tarian Bali, Sumatra Barat, Jawa Barat juga peragaan pakaian adat dari beberapa wilayah Indonesia oleh masyarakat Indonesia di Oklahoma.

Pada acara itu, KJRI Houston juga membuka Warung Konsuler untuk memberikan pelayanan dan informasi yang berhubungan dengan kekonsuleran kepada masyarakat Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts