Laskar Pelangi Disambut Hangat di Brasil

Jakarta - Novel mengenai perjuangan 10 anak-anak dari Pulau Belitong dalam menggapai pendidikan, "Laskar Pelangi", mendapat sambutan hangat di Brazil. Penulis Laskar Pelangi, Andrea Hirata mengatakan, novel itu diterbitkan oleh penerbit ternama negeri itu, Editora Sextante, yang juga menerbitkan karya-karya sastrawan besar dunia seperti Paulo Coelho, Mitch Albom, Nicholas Sparks bahkan Harlan Coben.

"Alhamdullilah, ’Laskar Pelangi’ edisi Brazil sudah terbit dalam bahasa Portugis dengan judul ’Guerreiros da Esperanca’," ujar Andrea di Jakarta, Ahad (24/6/12). Bahkan koran terbesar di Brazil, O Globo, dalam "review"-nya mengatakan bahwa "Laskar Pelangi" adalah karya sastra Indonesia yang mengejutkan.

Menurut Andrea, Brazil merupakan gerbang emas untuk penerbitan novel-novelnya pada tahap selanjutnya Amerika Selatan. "Apalagi, masyarakat Brazil yang menggemari sastra serta banyaknya penulis kelas dunia yang berasal dari Brazil menyebabkan negara itu telah menjadi semacam indikator bagi sastra Amerika Selatan," jelasnya.

Hingga saat ini, novel tersebut telah diterbitkan di 22 negara dalam 19 bahasa. Adapun penerjemahanan novel tersebut, sedang berlangsung ke dalam lebih dari 30 bahasa asing. Penerbit kelas dunia lainnya yang akan menerbitkan Laskar pelangi adalah Random House untuk distribusi Australia dan Selandia Baru serta penerbit Penguin International. Andrea berharap akan semakin banyak sastrawan Indonesia yang karyanya diterbitkan penerbit mancanegara.

-

Arsip Blog

Recent Posts