Menko Kesra Pantau Kesiapan Sail Morotai

Ternate, Malut - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat HR Agung Laksono melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), guna memantau persiapan penyelenggaraan Sail Morotai yang digelar September 2012.

"Kami telah memantau berbagai persiapan untuk mendukung penyelenggaraan Sail Morotai di Kabupaten Pulau Morotai seperti penunjang kesiapan yang dilakukan oleh kementerian terkait seperti perhubungan dalam membuat lampu navigator untuk penerbangan untuk pada malam hari, alat navigasi untuk di pelabuhan yang telah mencapai 45 persen," katanya di ibukota Kabupaten Pulau Morotai, Kamis.

Agung Laksono yang juga Ketua Panitia Sail Morotai memantau infrastruktur pembangunan yang telah dikerjakan, sehingga selain pembangunan untuk persiapan sail nantinya untuk jalan lingkar Pulau Morotai secepatnya akan segera diselesaikan.

Ia mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan Sail Morotai untuk mempercepat pembangunan yang ada di Pulau Morotai, karena sebagai pintu gerbang di bibir pasifik terutama Taiwan dan China yang terkait dengan kelautan dan perikanan.

Selain itu, dari kementerian juga banyak yang berperan untuk menysukseskan pelaksanaan Sail Morotai, yang mempunyai tugas masing-masing, diantaranya dari kelautan, kesehatan, pendidikan dan kementeri penunjang kesiapan Sail Morotai dan pembangunan di Kabupaten Pulau Morotai.

Untuk itu, dari sektor pendidikan nantinya akan membangun museum awal yang akan dibangun di dekat Tugu Trikora yang rencananya akan dibangun setelah Sail.

"Museum tersebut akan dibangun dengan ukuran yang lebih besar untuk menggambarkan PD II dan kebudayaan di Pulau Morotai serta potensi alam yang akan disajikan di museum tersebut," katanya.

Terkait dengan pembangunan yang masih dilakukan pengerjaannya kata agung, saat ini sudah tidak ada kendala, untuk pembangunan sudah tidak ada kendala, andaipun ada kendala dapat diatasi.

Pembangunan yang saat ini dilakukan bukan untuk persiapan sail saja tapi setelah sail semua pembangunan yang dilakukan akan tetap digunakan sebagai tempat rekreasi masyarakat morotai dan luar morotai serta para turis mancanegara.

Di singgung tentang kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), politisi Partai Golkar tersebut mengaku presiden akan bersedia datang pada acara puncak Sail Morotai, Presiden akan bersedia datang, tinggal waktunya semoga tidak ada halangan, ujarnya.

Rombongan yang ikut bersama Menko Kesra itu, diantaranya Kapolri Jendral Polisi Timur Pradopo dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono berkunjung ke lokasi Sail Morotai untuk melihat persiapan-persiapan pada puncak Sail Morotai nanti.

-

Arsip Blog

Recent Posts