Nyai Dasima Buka Festival Betawi

Jakarta - Beragam festival budaya diadakan menjelang Hari Ulang Tahun ke-485 Jakarta. Salah satunya adalah Festival Betawi Tempo Dulu yang digelar di Situ Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Pergelaran drama tari kolosal Nyai Dasima membuka Festival Kesenian Betawi Tempo Dulu. Lebih dari 70 seniman terlibat dalam drama kolosal yang berdurasi satu jam tersebut.

Selama empat hari, 40 jenis kesenian yang mewakili budaya Betawi pesisir, tengah, dan pinggiran diselenggarakan. Sebagian besar adalah kesenian yang hampir punah. Salah satunya keroncong Tugu Cafrinho yang dilestarikan orang-orang keturunan Portugis di Kampung Tugu, Jakarta Utara.

Di sekitar panggung pertunjukan juga digelar anjungan khusus yang memperkenalkan budaya seperti batik Betawi. Ada juga permainan yang biasa dimainkan anak-anak Betawi, seperti congklak dan egrang.

Festival Kesenian Betawi Tempo Dulu berlangsung mulai jam 10 pagi sampai pukul 22.00 WIB. Selain lakon Nyai Dasima, masih ada tiga pagelaran drama tari kolosal, yaitu Pangeran Jayakarta, Si Pitung, dan Syah Bandar yang digelar hingga 17 Juni mendatang.

-

Arsip Blog

Recent Posts