Sejumlah Raja Hadiri Peresmian Rumah Gadang Talu

Simpangampek, Sumbar - Rumah gadang (adat) Talu di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, diresmikan dengan menghadirkan sejumlah raja adat di Indonesia bahkan hadir raja dari Malaysia, Thailand, dan Singapura.

"Inti dari acara ini adalah peresmian rumah gadang atau adat. Namu, kita juga mengundang raja-raja yang lainnya," kata Tuanku Bosa XIV Fadlan Maalip di Simpangampek, Sabtu (23/6).

Ia mengatakan rumah gadang yang terletak di Kotodalam, Jorong Kampung Pinang, merupakan rumah adat kebanggaan masyarakat Talu dan Pasaman Barat. Acara itu dihadiri Bupati Pasaman Barat Baharuddin R Tuanku Johansyah Pahlawan, Raja dan Sultan Nusantara, Daulat Yang Dipertuan RA Pagaruyuang, Tuanku, Para Pucuk adat Minangkabau, Bundo Kanduang Limpapeh rumah nan gadang, dan alim ulama, cadiak pandai, rang mudo, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Menurutnya acara Talu Baralek Gadang ini juga dimaksudkan untuk menggali fungsi adat sebagai salah satu pedoman masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Pihaknya mengharapkan dengan adanya Rumah Gadang Talu itu juga akan menjadi ikon adat di Talu.

Selain juga akan menjadi tempat wisata budaya, rumah tersebut juga dijadikan tempat musyawarah, pertemuan adat, tempat olahraga, seni budaya tradisional dan modern.

Fadlan menjelaskan rumah gadang itu sebenarnya telah selesai dibangun dan saat ini telah menjadi ikon objek wisata di Kotodalam Talu dan sekitarnya. Acara itu sekaligus untuk meresmikan perkebunan Gaharu Ninik Mamak Mataram serta selamatan lima tahun Tuanku Bosa XIV dinobatkan atau dilewakan sebagai Rajo dan Pucuk Adat Talu.

-

Arsip Blog

Recent Posts