Dangdut Goyang Festival Musim Panas di Mesir

Kairo, Mesir - Festival Musim Panas atau "Summer Festival" di Gedung Opera Kairo pada Senin (9/7) malam disemarakkan dengan goyangan dangdut khas Indonesia.

Lagu-lagu Bang Haji Rhoma Irama seperti "Berdendang" dan "Santai" yang dibawakan grup band mahasiswa Indonesia setempat disambut hangat ratusan hadirin dari warga Mesir, sejumlah warga asing dan warga Indonesia setempat.

Selain Indonesia, festival yang dimulai sejak awal Juli ini diikuti pula sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Spanyol dan Perancis.

Di samping lagu-lagu dangdut, grup band mahasiswa juga menampilkan lagu-lagu jazz, pop dan lagu Arab yang diiringi alat musik khas Indonesia, khususnya daerah Jawa Barat seperti karinding, celempung dan gendang.

"Menyimak lagu-lagu khas Indonesia itu serasa seperti berada di Indonesia," tutur Nader Ahmad, wartawan Mesir dari harian Al Goumhuria, yang tahun lalu berkunjung sepekan ke Indonesia untuk tugas jurnalistik.

Pergelaran seni budaya pada Festival Musim Panas ini merupakan kerja sama antara Cairo Opera House dan KBRI Kairo, kata Kepala Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, KBRI Kairo, Mohammad Nur Salim di sela acara tersebut.

Menurut Salim, acara ini merupakan bagian dari upaya KBRI untuk meningkatkan promosi mengenai Indonesia di mata masyarakat internasional, di samping guna mengoptimalkan aset bangsa yang ada di Mesir, khususnya mahasiswa Indonesia yang jumlahnya sekitar 4.000 orang.

-

Arsip Blog

Recent Posts