Sanggar Tari Nan Jombang Akan Tur ke AS

Padang, Sumbar - Sanggar Tari Minangkabau Nan Jombang asal Kota Padang dijadwalkan melawat ke Amerika Serikat setelah terpilih sebagai salah satu grup peserta tur budaya yang diselenggarakan Biro Pendidikan dan Kebudayaan Negeri Paman Sam.

Dalam rangkaian tur sebulan mulai September 2012, Sanggar Nan Jombang pertama-tama akan tampil di Gedung Putih memenuhi undangan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, kata Penata Koreografer Sanggar Tari Nan Jombang Ery Mefry di Padang, Sumatera Barat, Selasa.

Menurut Ery, grupnya dipilih oleh Biro Pendidikan dan Kebudayaan AS menyisihkan ratusan grup tari lain dari seluruh dunia yang dinilai selama tiga tahun.

Selama di AS pada 17 September-25 Oktober, Sanggar Tari Nan Jombang akan tampil disejumlah kota besar antara lain New York, Washington, serta Los Anggeles dalam beberapa festival dan pertunjukan penuh.

Ia mengatakan pada tur tersebut Sanggar Nan Jombang akan menampilkan tari kontemporer yang berjudul Rantau Berbisik.

Konsep tari Rantau Berbisik adalah rumah makan Padang yang berada di rantau yang terus berbisik bahwa mereka tengah berada di negeri orang, kata dia.

Tari yang dibawakan Nam Jombang merupakan tari kontemporer yang dimodifikasi dari seni Randai.

Ia mengakui, AS merupakan kiblat tari di seluruh dunia dan impian penari dari seluruh negara untuk tampil disana.

Sementara, Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia Kristen F Bauer mengatakan dipilihnya sanggar tari Nan Jombang karena penampilan yang efektif dan aktraktif.

Penampilan yang disuguhkan Sanggar Nan Jombang luar biasa luar biasa dan sangat menarik perhatian, kata dia.

-

Arsip Blog

Recent Posts