Semarang Gelar Festival Thek-thek di Taman KB

Semarang, Jateng - Pemerintah Kota Semarang akan menggelar festival musik "thek-thek" di Taman Menteri Supeno atau yang lebih dikenal sebagai Taman Keluarga Berencana (KB) pada Sabtu (11/8) siang hingga waktu berbuka.

Ketua penyelenggara acara Kukuh Ary Wibowo di Semarang, Rabu, mengatakan, rencana awal perhelatan musik khas Ramadhan ini digelar di Halaman Balai Kota Semarang pada Minggu (5/8), tetapi kemudian ada perubahan jadwal.

"Festival ini akan diikuti 16 kelompok musik (perwakilan dari masing-masing kecamatan yang ada di Kota Semarang). Masing-masing kelompok beranggotakan maksimal 15 orang yang memainkan alat musik rekaan," katanya.

Kukuh menegaskan bahwa dalam festival musik "thek-thek" seluruh peserta tidak diperbolehkan menggunakan alat musik konvensional atau modern.

Akan tetapi peserta harus mengeksplorasi benda-benda di sekitar yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian yang harmonis. "Penilaian lebih ditekankan pada hasil eksplorasi penggunaan benda-benda di sekitar yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian yang harmonis," katanya.

Festival musik "thek-thek" ini diharapkan dapat menjadi acara tahunan sehingga bisa menambah agenda pesta budaya di Kota Lumpia ini.

Apalagi menurut Kukuh, sektor industri pariwisata Kota Semarang membutuhkan kegiatan yang memiliki nilai lokal khas Semarangan. "Festival musik ini akan merebutkan tropi Plt Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan disediakan uang pembinaan dengan total Rp7 juta untuk empat penampil terbaik," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts