Sail Morotai: 46 Veteran PD II Akan Dilayani Khusus

Morotai, Sulut - Sebanyak 46 veteran Perang Dunia II yang berasal dari Amerika Serikat, Australia dan Jepang termasuk sejumlah veteran dari Indonesia dijadwalkan tiba di Morotai, Rabu (12/9/2012) sore.

Selama di Morotai, para veteran ini bakal mendapat perlakukan khusus dari panitia Sail Morotai 2012 maupun pemerintah daerah. Perlakuan khusus kepada para veteran ini bahkan diinstruksikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pulau Morotai, F Revi Dara, mengatakan perlakukan khusus itu meliputi akomodasi dan transportasi. Untuk urusan akomodasi, para Veteran ini nantinya ditempatkan di dua penginapan di Morotai, yakni penginapan Pasifik Inn dan Penginapan Mutiara Inn.

Begitu juga dengan transportasi, para veteran juga mendapat perlakukan khusus, karena disediakan bus khusus bagi mereka selama Sail Morotai berlangsung. Selama di Morotai, mereka pun akan mengikuti sejumlah kegiatan, salah satunya joy cruise pada 13 September 2012.

Dalam kegiatan ini, para veteran didampingi tim peneliti dari LIPI akan berkeliling Pulau Morotai melalui laut dengan menggunakan kapal Baruna Jaya. "Untuk agenda veteran ini pada 13 september mereka akan mengunjungi beberapa pulau yang pernah dijadikan sebagai medan pertempuran selama PD II," kata Revi, kemarin.

Pulau-pulau itu di antaranya Pulau Zum-zum dan pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Keesokan harinya, setelah mengelilingi Pulau Morotai, para veteran yang juga didampingi tim peneliti LIPI akan mengikuti napak tilas PD II di daratan Pulau Morotai. "Untuk agenda veteran ini lebih banyak disesuaikan dengan kemauan mereka, karena merekalah yang bereperang pada waktu itu," tambah Revi.

-

Arsip Blog

Recent Posts