10 Provinsi Pamerkan Budaya Kemilau Sumatera

Jambi - Ribuan warga Kota Jambi memadati pelataran parkir Gedung Olah Raga (GOR) Kotabaru Jambi, untuk menyaksikan acara pembukaan Kemilau Sumatera dan Pekan Pesona Budaya Jambi Kamis (11/10/2012) malam.

Tak hanya warga Jambi, perwakilan masyarakat dan pejabat dari perwakilan provinsi di Sumatera dan seluruh kepala taman budaya se-Indonesia juga ikut hadir. Acara yang dibuka oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) direncanakan berlangsung hingga 16 Oktober 2012 mendatang.

Acara Kemilau Sumatera diikuti 10 provinsi yang ada di Sumatera. Mereka memamerkan budaya unggulan masing-masing. Tak hanya itu, acara ini juga diikuti oleh setiap kabupaten/kota se- Provinsi Jambi. Mereka juga pamerkan keunggulan kabupaten mereka masing-masing. Pada acara pembukaan ini, mereka menampilkan beberapa parade budaya unggulan mereka.

Sebelum dibuka, alunan lagu melayu diiringi kompangan menemani pengunjung menunggu kedatangan orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi Jambi itu. Menurut pantauan Tribun, pukul 20.00 gubernur datang beserta rombongan. Selain kompangan, acara makin meriah dengan berbagai tarian dari semua provinsi yang ada di Sumatera.

Kepala Dinas Disbudpar Provinsi Jambi, Didy Wurjanto mengatakan, Kemilau Sumatera sangat strategis untuk promosi budaya masing-masing provinsi. "Inilah kesempatan dan wadah kita untuk memperkenalkan budaya Jambi ke pemerintah pusat. Dan kita juga berterima kasih kepada Danrem 042/Garuda putih, yang telah membantu dan telah memamerkan panser Anoa dari Kodam II Sriwijaya," kata Didy.

Didy menambahkan, Kemilau Sumatera juga menempatkan para seniman untuk melakukan promosi. Bahkan, pedagang kali lima juga ikut menyemarakkan. "Kita juga menyediakan lapak-lapak untuk pedagang kaki lima. Dan di sana kita persilakan menjual berbagai macam khas dan kreasi yang sekiranya layak dipasarkan," ungkapnya.

Staf ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bidang Holtikultural Hari Untoro Drajat mengatakan, Kemilau Sumatera merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan bergiliran di setiap Provinsi di Sumatera.

Tujuannya adalah untuk mempromosikan potensi wisata, kuliner, budaya yang bersifat unik dan unggulan, agar dikenal di seluruh Indonesia. "Mudah-mudahan ke depannya acara ini lebih meriah. Dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua daerah yang telah mengirimkan peserta dan mempromosikan budaya," kata Hari.

Gubernur Jambi HBA dalam sambutannya mengatakan, selain untuk memamerkan dan memperkenalkan seni budaya, acara ini menjadi pengenalan jati diri bagi individu dan kelompok.

-

Arsip Blog

Recent Posts