Kesenian Pasaman Barat Tampil di Taman Budaya

Simpang Ampek, Sumbar - Kesenian lokal Grup Sumarak Rumah Gadang binaan Pemerintah Daerah Pasaman Barat, Sumbar, akan tampil di Taman Budaya Padang, Sabtu (13/10).

"Penampilan ini merupakan salah satu bentuk pengenalan kesenian lokal Pasaman Barat agar makin dikenal," kata Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Pasaman Barat, Asnal di Simpang Ampek, Kamis.

Kesenian lokal yang akan tampil itu, di antaranya Tari Pilin Salapan dan Ronggeng, katanya.

Dia mengatakan, penampilan itu untuk persiapan tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada awal tahun 2013.

Menurutnya, pergelaran yang akan ditampilkan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk membangkitkan potensi wisata budaya yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

Dia yakin pengunjung akan puas dan terpukau menyaksikan penampilan Grup Sumarak Rumah Gadang karena grup ini telah pernah tampil di Kesenian Melayu Dunia Islam Malaka tahun 2011 lalu.

Dia menjelaskan, penampilan Tari Pilin Salapan dan Ronggeng Pasaman Barat dalam naungan Sumarak Rumah Gadang Pasaman Barat di Malaka tahun 2011 lalu merupakan prestasi luar biasa. Sebab perlombaan saat itu sangat bergengsi di Negara Asia dan Timur Tengah yang diikuti sekitar 30 Negara di Asia dan Timur Tengah.

Dalam penampilan itu, Grup kesenian Sumarak Rumah Gadang Pasaman Barat dengan kesenian Tari Pilin Salapan dan Ronggeng mendapat peringkat lima besar dari 30 Negara yang mengikuti perlombaan tersebut.

Lebih jauh dia mengatakan, kesenian Tari Pilin Salapan dan Ronggeng tidak ditemukan di Kabupaten atau Kota lain di Sumbar, bahkan di Indonesia sekalipun. Sehingga hal itu menjadi nilai khas tersendiri dibandingkan kesenian lainnya.

"Kami mengundang masyarakat agar meluangkan waktunya untuk menonton penampilannya nanti. Mari bersama-sama untuk melestarikan kesenian lokal yang ada sehingga mampu menjadi nilai tersendiri dalam masyarakat," katanya.

Dia menambahkan, kesenian dan budaya yang ada di Pasaman Barat terus akan dikembangkan dan dilestarikan. Hal itu sesuai dengan visi misi Bupati Pasaman Barat saat ini.

Melalui berbagai penampilan di Pasaman Barat, provinsi, nasional dan internasional maka kesenian lokal yang ada akan makin dikenal dan menjadi ciri khas Pasaman Barat.

-

Arsip Blog

Recent Posts