Pemkab Pasaman Gelar Lomba Qasidah Rebana

Lubuk Sikaping, Sumbar - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mengadakan lomba Qasidah Rebana dalam rangka memeriahkan HUT ke-67 kabupaten tersebut, Kamis.

"Lomba kesenian keagamaan ini menghadirkan peserta lomba dari setiap kecamatan yanga ada di Pasaman," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Syamsurizal di Lubuk Sikaping, Kamis.

Kegiatan dalam rangka HUT ke-67 Kabupaten Pasaman yang jatuh pada 8 Oktober itu diikuti sembilan tim terbaik terdiri atas kalangan pelajar dan umum.

Dikatakan, seni budaya Islam menjadi prioritas bagi Pemkab Pasaman, untuk terus dikembangkan dan dilestarikan, tidak ada yang terpinggirkan. Ini penting sekali jika bisa instansi terkait harus terus meningkatkan acara seperti ini.

Untuk itu, seni qasidah rebana merupakan salah satu bagian dari media yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan syiar Islam.

"Kita berharap kegiatan kesenian yang bernuansa Islami ini dapat dikembangkan, jika perlu perlombaan seperti ini juga dilakukan di tingkat kecamatan dan juga nagari (desa adat)," kata dia.

Dalam kegiatan itu, tampil sebagai pemenang, MTsN Lubuksikaping untuk tingkat pelajar dan grup qasidah rebana Nurul Huda, Tigo Nagari sehingga berhak membawa pulang tropy dan uang tunai sebanyak Rp1 juta.

-

Arsip Blog

Recent Posts